Sukses

Sejuknya Air Terjun Sedudo yang Bikin Awet Muda

Liputan6.com, Nganjuk - Air terjun Sedudo merupakan air terjun yang terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Berada sekitar 30 km arah selatan ibu kota kabupaten Ngajuk. Ketinggian air terjun in sekitar 105 meter dan berada pada ketinggian 1.438 mdpl.

Air terjun Sedudo terbuka untuk umum setiap hari, sementara untuk tiket masuk tidak bakalang menjebol kantong. Tiket masuk untuk Senin sampai Jumat Rp. 11.000, sementara untuk hari Minggu Rp. 16.000.

Saat berada di air terjun Sedudo kamu akan di manjakan dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Sekali dalam setahun air terjun ini menjadi lokasi pelaksanaan ritual budaya yang telah turun temurun dilakukan.

Tak hanya itu, daya tarik lainnya air terjun Sedudo terdapat pada mitos bahwa airnya dapat membuat awet muda sehingga lokasi ini tidak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun mancanegara untuk membuktikan mitos tersebut.

Namun pengunjung harus terlebih dahulu menuruni ratusan anak tangga untuk sampai pada tempat jatuhnya air terjun. Tak usah khawatir, tangga ini aman karena di susun rapi dengan batu dan diberi pengaman di sisi tangga.

"Butuh pengorbanan untuk melihat keindahan air terjun, cukup melelahkan menuruni tangga apalagi saat naik kembali pasti butuh tenaga lebih banyak lagi", ucap Faisal salah seorang pengunjung.

Ia pun menambahkan semua kelehannya terbayar saat menikmati desiran air dan rasa sejuknya air saat bermain di bawah air terjun, ditambah lagi suasana hijau pepohonan menambah keindahannya.

Air terjun Sedudo memiliki cerita legenda yakni terdapat seorang duda yang bertapa di air terjun ini. Ia sering di datangi masyarakat untuk meminta nasihat namun terlihat wajah sang duda tersebut tidak menua meskipun telah bertapa bertahun-tahun.

Sehingga dari cerita tersebut muncul kepercayaan bahwa air yang berasal dari air terjun ini memiliki khasiat untuk awet muda dan mudah mendapatkan jodoh.

Terlepas dari cerita legenda tersebut, air terjun Sedudo tetap menjadi rekomendasi tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: