Sukses

Wisata Rohani Melalui Pondok Pesantren di Gresik

Liputan6.com, Gresik Pengembangan wisata rohani saat ini terus digaungkan, di Kabupaten Gresik salah satunya di Pondok Pesantren Roudhotul Alim  Balong Dinding Desa Sidowungu, Kecamatan Menganti, Gresik.

Pengasuh Ponpes Roudhotul Alim KH Miftahul Huda mengatakan, respon positif didapatkan dari kalangan santri dan juga masyarakat sekitar mengenai wisata rohani tersebut. 

"Wisata Rohani ini memiliki banyak manfaat, dan akan terus dikembangkan, apalagi Wabup Gresik Aminatun Habibah (Bu Min) datang langsung ke ponpes kami,” ujarnya, Minggu (8/5)

Sementara itu, Wakil Bupati Bu Min mengatakan di Bulan Syawal ini terus melanjutkan semua kebiasaan yang baik,yang dilakukan selama di Bulan Ramadhan sehingga di Bulan Syawal ini bisa lahir pribadi-pribadi lebih baik.

“Ibaratnya puasa yang sudah dilakukan selama bulan Ramadan ini seperti ular dan ulat. Dimana puasa yang kita lakukan akan merubah pribadi kita menjadi lebih baik dan menebar manfaat kepada orang lain,” tuturnya.

Bu Min menambahkan, kebiasaan - kebiasaan baik yang sudah dilakukan tersebut diantaranya adalah kebiasaan gemar bersedekah, mampu menahan amarah, dan yang terakhir adalah mau memberikan maaf kepada orang lain.

Sementara itu disela-sela wisata rohani Wakil Bupati Gresik, melepas beberapa jemaah haji tahun 2022 asal Menganti lewat prosesi pengalungan ID Card jemaah haji.

Jemaah haji yang berangkat tahun ini adalah mereka yang sempat mengalami penundaan haji sejak tahun 2020 akibat pandemi covid-19.

Seperti yang diketahui, Kementerian Agama telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 405 Tahun 2022 yang memuat tentang sebaran kuota haji per provinsi setelah adanya keputusan pemberangkatan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 M. Khusus untuk Provinsi Jawa Timur, mendapat kuota sebanyak 16.048 orang dengan persyaratan usia dibawah 65 tahun