Sukses

H+2 Pengunjung Telaga Sarangan Magetan Capai 12.928

Liputan6.com,Magetan Memasuki H+2 Lebaran 2022, pengunjung wisata Telaga Sarangan, terus mengalami peningkatan bahkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, mencatat jumlah pengunjung ke mencapai 12.928 orang.

"Sesuai data yang ada, pada Kamis (5/5/2022) hingga pukul 16.30 WIB, jumlah kunjungan di objek wisata Telaga Sarangan mencapai 12.928 pengunjung," ujar Kepala Disparbud Kabupaten Magetan Joko Trihono di Magetan, Jumat (6/5), seperti dilansir dari Antara

 

Menurutnya, jumlah kunjungan pada H+3 Lebaran, masih terpantau tinggi yakni sekitar  belasan ribu orang. Hal itu seiring dengan masih berlangsungnya libur Lebaran 2022 hingga akhir pekan nanti.

Rata-rata kunjungan wisatawan per hari selama liburan Lebaran mencapai lebih dari 10.000 orang, bahkan pada H+1 setelah Lebaran bisa mencapai 15.000 orang.

Kunjungan ini mengalami kenaikan signifikan dibandingkan dengan akhir pekan  biasa maupun ketika pandemi. Pada akhir pekan biasa jumlah kunjungan wisatawan ke Telaga Sarangan hanya sekitar 2.000-3.000 orang. Sedangkan saat pandemi, bisa lebih sedikit lagi karena sejumlah pembatasan.

Ia menyatakan, libur Lebaran merupakan salah satu musim puncak kunjungan di objek wisata Telaga Sarangan yang menjadi andalah Pemkab Magetan

Pemerintah mulai memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan wisata pada momentum Lebaran tahun 2022, namun tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Selain libur lebaran, musim puncak kunjungan di Telaga Sarangan juga terjadi saat liburan malam pergantian tahun baru.

Joko menambahkan, untuk mengantisipasi penuhnya jumlah pengunjung, pihaknya telah bekerja sama dengan instansi terkait seperti TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan guna mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas di jalur menuju Telaga Sarangan dan jalan tembus Sarangan-Cemoro Sewu.

Ia menyatakan pihaknya bersama petugas terkait lainnya juga memantau penerapan protokol kesehatan terhadap para pengunjung yang berwisata, mulai dari penggunaan masker, penyediaan fasilitas mencuci tangan dengan sabun, dan mengantisipasi kerumunan.

Disparbud Magetan memprediksi jumlah kunjungan wisatawan di Telaga Sarangan masih cukup tinggi hingga akhir pekan ini.

Peningkatan kunjungan wisatawan juga terpantau terjadi pada sejumlah tempat wisata lainnya di Magetan, seperti Kebun Bunga Refugia, pusat penjualan sandal dan sepatu kulit di Jalan Sawo, Telaga Wahyu, Mojosemi Forest Park, serta lainnya.