Sukses

Pengunjung Destinasi Wisata di Kota Batu Mulai Naik

Pengunjung destinasi wisata di Kota Batu mulai naik saat libur lebaran.

Liputan6.com, Kota Batu Memasuki hari kedua perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah, jumlah pengunjung di sejumlah destinasi wisata di Kota Batu, Jawa Timur mulai mengalami kenaikan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Marketing and Public Relation Jatim Park Group Titik S Ariyanto mengatakan saat ini sudah mulai ada kenaikan jumlah pengunjung sekitar 30 persen pada salah satu destinasi wisata yang dikelola oleh Jatim Park Group, yakni Jatim Park 3.

"Persentase kenaikan kurang lebih 30 persen dibanding akhir pekan biasa. Pada akhir pekan biasa, jumlah kunjungan kurang lebih 2.000-3.000 pengunjung," kata Titik, seperti dilansir dari Antara Selasa (3/5) 

Ia menjelaskan, kenaikan jumlah pengunjung yang cukup tinggi, diperkirakan akan terjadi mulai 4 Mei 2022 pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola oleh Jatim Park Group. Kenaikan jumlah pengunjung diharapkan bisa mencapai dua kali lipat dibanding saat akhir pekan biasa.

Kenaikan jumlah pengunjung memang saat ini belum terjadi signifikan, disebabkan masyarakat masih melaksanakan kegiatan bersama keluarga atau berkunjung ke rumah sanak saudara.

Seperti diketahui, Jatim Park Group saat ini mengelola kurang lebih sebanyak 11 pusat rekreasi yang mayoritas berada di Kota Batu, Jawa Timur. Beberapa diantaranya adalah Jatim Park 1, Jatim Park 2, Jatim Park 3, Batu Night Spectacular, Eco Green Park dan Museum Angkut.

"Peningkatan yang signifikan akan terlihat mulai besok dan kemungkinan pada tanggal 7-8 Mei 2022. Saya perkirakan mulai ramai orang yang berwisata," katanya.

Ia menambahkan, pada Jatim Park 3, kapasitas maksimal untuk jumlah pengunjung kurang lebih mencapai 12 ribu orang. Pihak pengelola destinasi wisata menerapkan pembatasan jumlah pengunjung yakni 75 persen dari total kapasitas.

Namun, lanjutnya, jumlah pengunjung yang akan berwisata ke Jatim Park 3 diperkirakan tidak akan melebihi angka 75 persen dari total kapasitas tersebut. Hal itu dikarenakan saat ini jumlah destinasi wisata di wilayah Kota Batu sudah cukup banyak.

"Saya tidak yakin akan sampai di level 75 persen itu jumlah kunjungan, bisa jadi masih di kisaran 5.000-7.000 orang. Itu karena Kota Batu saat ini punya beragam destinasi, bukan hanya Jatim Park, ada wisata alam, kuliner dan lainnya," ujarnya.

Dengan adanya sejumlah destinasi wisata lain yang ada di wilayah Kota Batu tersebut, maka diperkirakan konsentrasi kunjungan wisatawan akan terpecah dan tidak terpusat pada satu titik saja.

"Saya kira wisatawan yang datang ke Kota Batu sudah banyak alternatifnya, sudah mulai terpecah ke beberapa tempat," ujarnya.

Dengan adanya kenaikan jumlah wisatawan pada sejumlah destinasi yang dikelola oleh Jatim Park Group tersebut, pihaknya telah menyiapkan satuan tugas internal untuk melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Selain itu, ia menyatakan, pengelola juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Batu untuk melaksanakan pemantauan rutin terkait penerapan protokol kesehatan penanganan COVID-19 pada destinasi wisata tersebut.

"Prokes di masing-masing destinasi kita tetap laksanakan, pengunjung wajib pakai masker, cuci tangan, pengecekan suhu, kemudian aplikasi PeduliLindungi masih tetap kita laksanakan," katanya.

Libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah ditetapkan pada 2-3 Mei 2022, sementara cuti bersama jatuh pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022. Pemerintah memperkirakan sekitar 85 juta orang akan melakukan mudik pada Lebaran 2022.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyatakan berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan akan ada sebanyak 16,8 juta orang yang akan mudik ke Jawa Timur, dimana sebanyak 47 persen menggunakan mobil pribadi termasuk ke wilayah Malang Raya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.