Sukses

H-4 Lebaran, Harga Daging Sapi dan Ayam di Kediri Merangkak Naik

Kenaikan harga daging sapi dan ayam karena adanya peningkatan permintaan pasar terhadap komoditas tersebut menjelang Lebaran 2022.

Liputan6.com, Kediri - H-4 menjelang Lebaran 2022, sejumlah kebutuhan pokok di Kediri, Jawa Timur merangkak naik. Salah satunya harga daging sapi dan ayam.

Untuk harga daging ayam ras mengalami kenaikan Rp3.000 sampai Rp4.000 per kilogram. Saat ini, harga daging ayam adalah Rp38.000 per kilogram.

Kenaikan juga terjadi pada harga daging sapi yang biasanya dijual Rp105.000 per kilogram kini menjadi Rp125.000 per kilogram.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri M. Ridwan mengatakan indikasi kenaikan harga daging sapi dan ayam karena adanya peningkatan permintaan pasar terhadap komoditas tersebut menjelang Lebaran 2022.

"Namun stok daging sapi dan ayam di Kota Kediri sampai hari raya Idul Fitri dipastikan aman," katanya Kamis (28/4/2022) dilansir dari Antara.

Ia menyebut, secara umum tidak terjadi kenaikan signifikan terhadap bahan pokok. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan bidang peternakan di RPH (rumah potong hewan) dan dipastikan untuk daging sapi sampai hari raya stok tercukupi.

Ridwan juga mengimbau kepada masyarakat agar bijak dalam berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak melakukan panic buying.

Untuk menyiasati kenaikan harga daging tersebut, ia mengimbau masyarakat beralih ke protein yang lain ada ayam, ikan, telur.

Ia juga menambahkan, adanya pasar grosir di Kota Kediri ini juga turut membantu ketersediaan stok pangan di masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.