Sukses

Cek Lokasi Pasar Murah di Sumenep Jelang Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Upaya menekan lonjakan harga bahan pokok jelang Lebaran 2022 dilakukan Pemkab Sumenep Jawa Timur

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perindustrian (Dinkop UKM Perindag) Pemkab Sumenep Chainur Rasyid pasar murah menjelang Idul Fitri kali ini merupakan kali kedua selama Ramadhan.

"Pada awal Ramadhan kami juga telah menggelar pasar murah, dan ini kami lakukan karena kenaikan harga kebutuhan bahan pokok biasa terjadi pada awal Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri," katanya Selasa (26/4/2022).

Kegiatan pasar murah kali ini digelar pada lima lokasi berbeda, yakni Kecamatan Kota Sumenep, Rubaru, Guluk-Guluk, Gapura, dan Kalianget.

Hanya saja, sambung Rasyid, kebutuhan bahan pokok yang disediakan di pasar murah menjelang Idul Fitri kali ini berbeda dengan jumlah kebutuhan bahan pokok pada pasar murah pada awal Ramadhan.

"Kalau di awal Ramadhan lebih banyak pada minyak goreng, karena ketika itu persediaan minyak goreng di pasaran langka, sedangkan pada pasar murah kali ini semua kebutuhan bahan pokok masyarakat," katanya dilansir dari Antara.

Selain untuk menjaga dan menekan kenaikan harga kebutuhan bahan pokok menjelang Lebaran 2022, pasar murah kali ini juga dimaksudkan untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan kualitas baik serta harga yang terjangkau.

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 2 halaman

Subsidi Ongkos

Menurut Kepala Dinkop UKM Perindag Chainur Rasyid, kegiatan pasar murah kali ini melibatkan 33 organisasi perangkat daerah (OPD), 30 instansi vertikal sektoral, dan pihak kecamatan.

"Harga yang kita jual jauh lebih murah dibanding harga kebutuhan bahan pokok di pasaran, karena dalam kegiatan pasar murah ini, Pemkab Sumenep memberikan subsidi ongkos transportasi sehingga harga bisa lebih rendah," katanya.

Kalangan DPRD di Kabupaten Sumenep menyambut baik kegiatan pasar murah sembako menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah oleh Pemkab Sumenep itu.

Bahkan, DPRD juga menyarankan agar kegiatan pasar murah Ramadhan menjelang Idul Fitri tidak hanya digelar di wilayah daratan, akan tetapi juga di Kepulauan Sumenep apabila anggaran yang tersedia di masing-masing OPD mencukupi.