Sukses

Heboh Pungutan Liar Mudik Gratis Pemkab Sumenep

Mudik Lebaran gratis digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk rute dari Pelabuhan Kalianget ke Kepulauan Sumenep.

Liputan6.com, Jakarta Warga Kabupaten Sumenep Jawa Timur digegerkan dengan kabar yang beredar melalui media sosial facebook.

Kabar tersebut terkait dengan praktik pungutan liar oleh petugas mudik Lebaran gratis yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk rute dari Pelabuhan Kalianget ke Kepulauan Sumenep.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi memastikan tidak benar jika terjadi pemungutan liar oleh oknum petugas mudik Lebaran gratis yang digelar oleh jajarannya.

"Namanya mudik gratis maka semuanya gratis," katanya mengklarifikasi, di Sumenep, Selasa (26/4/2022), dilansir dari Antara.

Bupati menjelaskan pihaknya telah meminta klarifikasi secara langsung ke pihak syahbandar di Pelabuhan Kalianget, serta sejumlah petugas, dan warga asal Kepulauan Sumenep.

Ia menjelaskan penarikan oleh petugas itu hanya bagi penumpang yang tidak mengantongi tiket mudik gratis sehingga petugas meminta penumpang tersebut membayar harga tiket.

Saat petugas meminta penumpang yang tidak memiliki tiket gratis itu, penumpang kapal lainnya merekam aksi petugas tersebut dalam bentuk video lalu diunggah ke media sosial facebook.

Dari unggahan video itu, menimbulkan persepsi di kalangan warganet, bahwa program mudik gratis dari Pelabuhan Kalinget ke Kepulauan Sumenep masih diwarnai praktik pungutan liar.

Saksikan video pilihan berikut ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Armada Kapal

"Jadi, sekali lagi, itu tidak benar. Saya telah menanyakan masalah penarikan biaya tiket dan ternyata memang ada beberapa penumpang naik sebelum memiliki tiket, akibatnya pihak kapal setelah memeriksa tidak mempunyai tiket, ditarik oleh petugas," katanya, menjelaskan.

Penarikan uang kepada penumpang yang tidak mengantongi tiket dalam program mudik gratis itu pada pemberangkatan perdana program itu dengan menggunakan KM Sabuk Nusantara 91 pada 24 April 2022.

Menurut bupati, pada Lebaran 1443 Hijriah kali ini, Pemkab Sumenep menyediakan empat armada kapal untuk melayani program mudik gratis dari Pelabuhan Kalianget menuju sejumlah kepulauan di daerah itu.

Keempat kapal itu masing-masing Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 91, Kapal Dharma Kartika, Kapal Satya Kencana, dan Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) III.

Program mudik gratis ini dengan rute seluruh kepulauan yang ada di Sumenep, yakni Masalembu, Kangean, Sapeken, Raas, dan Pulau Sapudi.

Warga yang hendak memanfaatkan program mudik gratis ini harus melampirkan sejumlah persyaratan, antara lain fotokopi KTP/KK dan telah divaksinasi covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.