Sukses

Jelang Lebaran, Tiket Kereta Api Tujuan Jatim dan Jateng Sudah Terjual 99 Persen

Maka sudah bisa dipastikan akan terjadi kepadatan saat mudik 2022 nanti.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyebutkan bahwa tiket kereta api tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada 27 April hingga 1 Mei 2022 sudah terjual hingga sekitar 99 persen. Dengan demikian sudah bisa dipastikan bahwa arus mudik melalui kereta api nantinya akan sangat padat

"Artinya, perjalanan mulai tanggal 27 April sampai dengan 1 Mei 2022 tingkat keterisiannya sudah sangat padat, sudah 95-99 persen," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Ia mengatakan, pada periode itu tiket kereta api yang masih tersedia hanya untuk jenis KA perjalanan jarak sedang, seperti Cirebon dan Bandung.

"Kalau untuk Jawa Tengah atau Jawa Timur okupansinya sudah sangat padat sekali," tuturnya.

Dia menyarankan kepada pengguna jasa KA yang baru akan melakukan pemesanan tiket untuk memilih tanggal usai perayaan Lebaran jika tetap ingin menggunakan kereta api sebagai transportasi mudik.

"Ada tanggal-tanggal yang masih dalam momen Lebaran, misalnya seperti H+1 H+2 H+3, ini bisa menjadi alternatif. Pada tanggal 3-5 Mei masih dapat ketersediaan tempat duduk sekitar 50 persen," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atur Barang Bawaan

Eva mengimbau kepada para pemudik yang menggunakan jasa kereta api untuk mengatur barang bawaannya mengingat jumlah penumpang yang cukup padat.

"Mohon untuk mengatur barang bawaannya. Artinya jangan membawa barang terlalu berlebihan dan bisa menimbulkan resiko tertinggal ataupun juga karena kerepotan hingga akhirnya ditinggal di KA," katanya.

Di samping itu, ia juga mengimbau kepada para pemudik untuk memperhatikan keterangan waktu pemberangkatan.

"Ada dua keterangan waktu. Pertama waktu keberangkatan dari Stasiun awal, yang kedua waktu kedatangan KA di Stasiun tujuan. Nah ini ada beberapa yang salah membaca akhirnya tertinggal KA. Jadi perhatikan kembali pada tiket tanggal dan jam keberangkatan," tuturnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.