Sukses

Antisipasi Kemacetan, Jembatan Tunggulmas Kota Malang Ditutup Selama Libur Lebaran

Jembatan Tunggulmas di kawasan Tlogomas, Kota Malang, Jawa Timur, untuk mengantisipasi adanya kemacetan saat libur Lebaran 2022 untuk mengantisipasi kemacetan.

Liputan6.com, Malang - Jembatan Tunggulmas di kawasan Tlogomas, Kota Malang, Jawa Timur, untuk mengantisipasi adanya kemacetan saat libur Lebaran 2022 untuk mengantisipasi kemacetan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Heru Mulyono pada Senin, mengatakan ada sejumlah skema yang disiapkan untuk mengatasi kemacetan yang muncul di kawasan Tlogomas seiring tingginya volume kendaraan yang melintas di Jembatan Tunggulmas tersebut saat Lebaran 2022.

"Nanti mungkin satu arah dahulu, sambil kami upayakan cara lain yang lebih efektif," kata Heru dilansir dari Antar.

Jembatan Tunggulmas baru saja diresmikan pada Februari 2022. Keberadaan jembatan tersebut sesungguhnya diharapkan bisa memecah konsentrasi arus lalu lintas yang yang akan mengarah ke Kota Batu atau Kota Malang.

Namun, karena akses keluar jembatan di wilayah Tlogomas yang sempit, maka kendaraan dari arah Tunggulwulung tidak bisa langsung mengarah ke Kota Batu. Kendaraan harus mengarah ke Kota Malang terlebih dahulu, kemudian memutar untuk menuju Kota Batu.

Dengan skema tersebut, menimbulkan kemacetan di sekitar area jembatan karena kendaraan yang putar balik. Selain itu, kendaraan dari arah Tlogomas juga tidak bisa langsung mengarah ke jembatan dan harus memutar balik.

Heru menjelaskan, selain akan menerapkan kebijakan satu arah pada Jembatan Tunggulmas tersebut, Dinas Perhubungan Kota Malang juga berencana untuk memasang lampu lalu lintas di kawasan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Mudik

Dinas Perhubungan Kota Malang telah bersurat kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur karena jalan tersebut merupakan jalur provinsi. Berdasarkan informasi, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur telah melakukan komunikasi dengan Dinas Bina Marga Jatim.

"Karena itu jalur provinsi, jadi kami sudah bersurat ke Dishub Jatim. Dishub Provinsi juga akan menyampaikan ke Bina Marga untuk memperlebar jalan supaya ada dua lajur ke barat," ujarnya.

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Malang Kota melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi adanya kemacetan pada saat mudik Lebaran 2022 pada sejumlah titik di wilayah Kota Malang, Jawa Timur.

Pada mudik Lebaran 2022, Polresta Malang Kota akan menyiapkan tujuh pos yang terdiri dari enam pos pengamanan dan satu pos pelayanan.

Enam posko pengamanan mudik Lebaran tersebut akan ditempatkan pada titik-titik krusial yang ada di wilayah Kota Malang, yakni pada simpang tiga Universitas Brawijaya (Jalan Soekarno Hatta) dan simpang tiga Jalan Borobudur.

Kemudian, posko pengamanan juga akan disiapkan di simpang tiga kawasan Sulfat, simpang tiga Kacuk Barat, kawasan Alun-Alun Kota Malang dan satu pos pengamanan terpadu di pintu keluar Tol Madyopuro. Sementara untuk posko pelayanan disiapkan di Stasiun Kereta Api Malang Kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.