Sukses

Hadapi Potensi Lonjakan Covid-19 Usai Lebaran, Rumah Sakit Lapangan Bangkalan Siaga

Rumah Sakit Darurat Lapangan (RSDL) Bangkalan, Jawa Timur menyatakan kesiapan mengantisipasi meningkatnya penderita Covid-19 setelah libur lebaran.

Liputan6.com, Jatim - Rumah Sakit Darurat Lapangan (RSDL) Bangkalan, Jawa Timur menyatakan kesiapan mengantisipasi meningkatnya penderita Covid-19 setelah libur lebaran.

"Kami memastikan bahwa operasional rumah sakit tetap berjalan normal didukung oleh seluruh personel relawan baik nakes maupun non-nakes," kata Mayor CKM Sumardi Koordinator Pelayanan Penunjang Umum RSDL Bangkalan, Sabtu (23/4/2022).

Ia mengatakan para relawan tetap siaga setiap saat dan dalam kondisi apa pun. Siap sewaktu-waktu apabila ada pasien yang kembali masuk ke RSDL Bangkalan.

Pada saat masa lebaran tiba, lanjutnya akan dilakukan pengaturan jadwal setiap divisi, jam operasional dan jalannya layanan rumah sakit. Sehingga para relawan bisa merayakan Lebaran secara bergiliran dengan jadwal yang sudah disepakati.

"Jadi saat Lebaran 2022, RSDL Bangkalan tetap buka, dan siap menerima pasien Covid-19 yang masuk," jelasnya.

Sebagai informasi, sejak diresmikan pada Juli 2021 kemarin, RS Darurat Lapangan Bangkalan telah merawat total 915 pasien.

Dengan rincian 836 orang sembuh, 31 dirujuk, dan 48 orang melanjutkan isoman dirumah dan sembuh, serta angka kematian nol. Untuk saat ini kapasitas tempat tidur berjumlah 336 bed, dan tingkat hunian saat ini 0 (zero pasien).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Call Center

Pada kesempatan yang sama Radian Jadid Ketua Pelaksana PPKPC-RSDLB menjelaskan, setelah kembali ke zero pasien pada (20/4) operasional RSDLB masih berjalan normal dan bersiaga merawat serta melayani pasien Covid-19 yang masuk.

"Kami tetap berupaya mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pascamudik dan libur Lebaran. Masyarakat diharapkan tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan supaya liburan nanti tidak terjadi lonjakan lagi.

Informasi mengenai layanan pasien dapat diakses melalui Call Center RSDLB di 081332434363. Masyarakat bisa mendapatkan informasi RSDLB, termasuk mendaftarakan keluarganya yang positif Covid-19.

Sedangkan untuk informasi dan layanan yang terkait non-medis serta keluhan long-Covid bagai para penyintas, bisa diakses melalui kontak relawan pendamping di 088222303030.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.