Sukses

Mudik Lebaran, Penumpang Mulai Padati Pelabuhan Tanjung Perak

Peningkatan jumlah penumpang ini didominasi terjadi di beberapa terminal penumpang utama di bawah pengelolaan Pelindo Regional 3.

Liputan6.com, Surabaya - Satu pekan menjelang Lebaran 2022, peningkatan arus penumpang cukup signifikan terjadi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan peningkatan arus penumpang kedatangan maupun keberangkatan di sejumlah terminal penumpang mencapai 53.745 orang.

"Atau setara meningkat 102 persen dibanding lebaran tahun lalu yang hanya mencapai 25.051 orang," ujarnya, Sabtu (23/4/2022).

Menurutnya peningkatan jumlah penumpang ini didominasi terjadi di beberapa terminal penumpang utama di bawah pengelolaan Pelindo Regional 3.

"Di antaranya adalah terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak yang mencapai 17.744 orang dan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas 6.252 orang," ucapnya.

Ia menyebut peningkatan penumpang ini dipicu karena pelonggaran aturan perjalanan jauh yang dilakukan oleh pemerintah.

Meskipun begitu, kata Ardhy, pihaknya telah mengantisipasi dengan berkordinasi berbagai pihak seperti kepolisian dan KSOP setempat menyiapkan sejumlah Pos Pengaman Idul Fitri di sejumlah terminal penumpang untuk menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang.

"Sejumlah terminal kita mengalami kenaikan arus penumpang yang cukup signifikan bahkan pada 10 hari menjelang Lebaran ini arus penumpang naik 102 persen di banding lebaran tahun lalu. Jumlah ini pun diprediksi akan terus naik menjelang Lebaran," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.