Sukses

Ketika Jokowi dan Prabowo Subianto Kompak Beli Blangkon Khas Madura

Blangkon yang dibeli Presiden dan Prabowo itu merupakan blangkon khas raja-raja Madura zaman dahulu.

Liputan6.com, Madura - Ada momen menarik saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sama-sama membeli dan memakai belangkon

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi disambut oleh Prabowo Subianto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi setibanya di Bandara Trunojoyo Kabupaten Sumenep.

Setelah peninjauan panel dan menerima penjelasan dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Jokowi kemudian menuju stan kerajinan lokal khas Madura yang berada di ruang tunggu bandar udara tersebut. Dia pun membeli dua kain batik dan satu udeng belangkon.

"Berapa (harga) blangkonnya?" tanya Presiden ke penjaga stan.

Penjaga stan itu pun menjawab, "Rp75 ribu, Bapak."

"Langsung saya pakai saja," kata Jokowi.

Setelahnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga mencoba udeng belangkon Madura dengan warna serupa seperti yang dibeli Jokowi.

"Pas enggak? Enggak kekecilan?" tanya Prabowo kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang turut mendampingi.

Prabowo awalnya terlihat ragu, namun ia akhirnya membeli udeng blangkon tersebut yang berwarna merah kecoklatan.

Jokowi dan Prabowo kemudian menggunakan udeng belangkon yang baru saja dibeli itu di acara peresmian Bandar Udara Trunojoyo, Kabupaten Sumenep.

Penjaga stan kerajinan lokal Arif Wahyudi mengatakan belangkon yang dibeli Presiden dan Prabowo itu merupakan belangkon khas raja-raja Madura zaman dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.