Sukses

Pemkab Jember Gratiskan Pengunjung Masuk ke Dua Objek Wisata Saat Libur Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Pemkab Jember Jawa Timur menggratiskan pengunjung untuk masuk ke objek wisata Pantai Watu Ulo dan Tanjung Pasir Putih Malikan (Papuma) saat libur Lebaram 2022.

Tiket gratis tersebut merupakan bagian dari uji coba Pemkab Jember dalam upaya menghapus kesan negatif. Uji coba mulai tanggal 4 Mei 2022 sampai 2 Juni 2022.

"Pemkab Jember mengambil kebijakan tersebut untuk menghapus persepsi negatif yang menyebutkan bahwa Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma menjadi lokasi wisata termahal di Jatim," kata Sekda Jember Mirfano dilansir Antara, Kamis (14/4/2022).

Dia mengaku sudah menggelar rapat koordinasi dengan melibatkan sejumlah pihak yakni Perhutani, Polri, dan TNI untuk melakukan hal-hal teknis dalam uji coba digratiskan nya tiket masuk kedua objek wisata di Kecamatan Ambulu dan Wuluhan tersebut.

Selama satu bulan uji coba gratis, nanti akan diatur mekanisme dan regulasi dengan sedemikian rupa. 

"Sehingga tidak serta merta satu bulan ini hanya sekedar gratis, namun ada berbagai hal yang akan dikaji," katanya.

Pihaknya juga dalam rangka menghitung, mengkalkulasi, melakukan survei dan melakukan kajian potensi dari dua objek wisata pantai yang harus diintegrasikan itu.

2 dari 2 halaman

Dukungan Perhutani

Survei dan kajian terkait jumlah pengunjung, perputaran ekonomi dari sektor parkir, pelaku usaha, dan beberapa dampak lainnya. 

"Pemkab Jember sudah berkirim surat kepada Perhutani Jatim terkait uji coba gratis masuk Tanjung Papuma selaku pengelola objek wisata tersebut dan responnya positif," ujar dia. 

Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Timur Karuniawan Purwanto Sanjaya mengatakan pada prinsipnya pihaknya mendukung rencana uji coba gratis masuk dua tempat wisata tersebut yakni Tanjung Papuma dan Pantai Watu Ulo

"Kami sangat mendukung program Pemkab Jember itu, namun ada empat syarat yang juga diperhatikan terutama keamanan dan kesehatan harus benar-benar dilaksanakan dengan baik," katanya.

Ia mengatakan pihaknya bersama Pemkab Jember akan melakukan pembahasan teknis secara detail terkait dengan uji coba gratis masuk dua wisata primadona di Jember tersebut.