Sukses

Hasil Investigasi Sementara Kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya

Proses investigasi kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya memakan waktu sekitar delapan jam dan terdapat beberapa temuan

Liputan6.com, Jakarta Jajaran Polda Jatim selesai melakukan investigasi terkait peristiwa kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya. 

Kepala Bidang Laboratorium Forensik (Labfor) Polea Jawa Timur Kombes Pol Sodiq Pratomo mengatakan, investigasi sementara di lokasi kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya selama tujuh jam.

"Dari hasil investigasi sementara, menemukan empat titik yang terbakar di lantai 4, lantai 5, lantai 10 dan lantai 11," ujarnya, Kamis (14/4/2022).

Sodiq melanjutkan, hasil penelusuran, awal mula api berasal dari lantai 10. Dia menyebutkan, ada beberapa barang bukti yang diamankan di antaranya abu kebakaran, kabel listrik dan bekas lampu.

Dugaan awal sementara akibat korsleting listrik. Hanya saja, dia belum bisa memastikan itu merupakan penyebab utama atau bukan karena masih akan dilakukan uji forensik.

Namun, Sodiq mengaku belum bisa memberikan kesimpulan. Sebab, hasil uji forensik akan diperiksa melalui laboratorium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keterangan Saksi

"Karena namanya konslet listrik itu bisa jadi penyebab tapi juga bisa jadi akibat. Artinya konslet kemudian terbakar atau terbakar dulu kemudian konslet bisa. Kita punya alat untuk menentukan kabel itu konslet sebelum atau sudah terbakar," sebut Sodiq.

Tak hanya barang bukti yang ditemukan saja, aparat juga akan menyinkronkan dengan keterangan saksi dan denah gedung yang dimiliki pengelola mall.

Walau sudah selesai, namun Sodiq mengatakan, pihaknya tetap memberi tanda police line di lantai 10 dan lantai 11 agar tidak digunakan sementara waktu untuk kepentingan investigasi lanjutan apabila diperlukan. Sedangkan lantai 4 dan lantai 5 yang terdampak sudah boleh dibuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.