Sukses

Polres Trenggalek Tangkap Komplotan Pencuri Modus Penyaluran BLT Covid-19

Liputan6.com, Jakarta 4 anggota komplotan pencuri berhasil ditangkap Satuan Resrese Kriminal Polres Trenggalek beberapa wakut lalu. Kompoltan pencuri ini diketahu selalu beraksi dengan modus penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk warga tedampak Covid-19. 

"Keempat pelaku kami diamankan di wilayah Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah saat hendak mengembalikan mobil rental yang mereka gunakan untuk beraksi," kata Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, Senin (11/4/2022).

Dalam beraksi, para pelaku ini memiliki perannya masing-masing, mulai dari orang yang sudah terlebih dahulu memantau lokasi, joki hingga orang yang menyamar menjadi pegawai pemerintah yang bertugas menyalurkan BLT. 

"Salah satu pelaku sebelumnya bekerja sebagai sales regulator elpiji sehingga mengetahui data pemilik rumah," ucapnya. 

Saking lihainya dalam beraksi, lanjut Dwiasi, dalam sehari komplotan pencuri itu bahka berhasil menggasak barang berharga milik warga di tiga desa berbeda. 

"Dalam sehari ada tiga lokasi sasaran. Korbannya ada warga Desa Wonoanti, Desa Karangsoko, dan Desa Pucang Anak," katanya.

 

Ia menjelaskan tentang modus para pelaku dengan mengajak para korban untuk berfoto-foto, mengambil gambar video seolah menerima bantuan dan beberapa temannya beraksi. Korban dibuat seolah tidak sadar, setelah komplotan itu pergi dan membawa harta bendanya baru korban sadar.

"Kami imbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap berbagai modus tindak kejahatan," ucapnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: