Sukses

Pemprov Jatim Dorong Pesona Wisata Paralayangan Mondangan Malang

Pantai yang ada di Malang Selatan itu memiliki keunggulan sebagai venue olahraga paralayang dengan pemandangan yang eksotis

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong wisata sport tourism untuk berkembang di Jawa Timur.

Gubernur Khofifah menyebutkan, salah satu potensi luar biasa yang dimiliki Jatim adalah paralayang Pantai Modangan yang terletak di Dusun Kalitekuk Desa Sumberoto Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Pantai yang ada di Malang Selatan itu memiliki keunggulan sebagai venue olahraga paralayang di Pantai Modangan dengan pemandangan yang eksotis.

Bahkan saat ini kawasan Pantai Modangan Malang telah rutin dijadikan venue gelaran bergengsi kejuaraan paralayang baik untuk skala regional maupun nasional.

Mulai dari event Paralayang 1 tahun 2 kali oleh Liga Jatim, menjadi tuan rumah Kejuaraan Paralayang Trip Of Indonesia (TROI) pada tahun 2018 dan 2019, serta juga digunakan sebagai venue latihan para atlet nasional paralayang.

Kondisi angin yang stabil dari bukit-bukit tersebut dan ditambah dengan venue pemandangan laut lepas yang biru dan menawan membuat Pantai Modangan menjadi tempat yang ideal untuk aktivitas paralayang.

"Saya berkesempatan langsung meninjau lokasi bukit di Pantai Modangan yang biasa dijadikan untuk ajang turnamen paralayang. Jadi memang di kawasan Pantai Modangan itu banyak bukit-bukit, lokasinya indah sekali, mereka yang bermain paralayang disuguhi pemandangan eksotis laut lepas yang menawan dari ketinggian," tegas Gubernur Khofifah, Senin (11/4/2022).

Khofifah bertekad agar Pantai Modangan bisa dikembangkan lagi sebagai venue olahraga paralayang skala internasional.

Pemprov Jatim bersama dengan Pemkab Malang akan meningkatkan kelengkapan amenitas dan infrastruktur pendukung agar memenuhi standar internasional demi tercapainya target Pantai Modangan bisa jadi venue paralayang berskala dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaikam Infrastruktur

"Jadi kalau Indonesia sudah punya sirkuit Mandalika sebagai venue balapan tingkat dunia, maka kami ingin Pantai Modangan ini jadi venue paralayang skala internasional," tandas Khofifah optimistis.

Lebih lanjut, dari segi kondisi eksisting dan juga kesiapan infrastruktur akses ke Pantai Modangan, dikatakan Gubernur Khofifah bahwa jalan raya Donomulyo Pagak Malang sudah lebar. 

Ke depan hanya perlu sedikit perbaikan disesuaikan dengan kelas jalan yang ke depannya diarahkan untuk menjadi jalan nasional.

Kemudian untuk jalan menuju ke lokasi Paralayang Pantai Modangan dari jalan raya memang masih kurang lebar untuk bisa dilalui mobil berpapasan dan sekitar 100 meter masih berupa jalan tanah.

Selain itu jalan dari lokasi Paralayang menuju ke Pantai Modangan hanya bisa dilalui sepeda, sepeda motor maupun jalan kaki.

Kondisi ini siap untuk dilakukan peningkatan oleh Pemprov Jatim utamanya terkait kualitas akses jalan agar bisa lebih memadai bagi wisatawan, atlet maupun pengunjung yang lain.

"Sedangkan infrastruktur pendukung yang lain secara bertahap kita akan lengkapi dan siapkan demi mendorong kian majunya sport-tourism di Jawa Timur. Yang tentu saja diharapkan bisa mendongkrak percepatan penyejahteraan masyarakat di kawasan Malang Selatan," pungkas Gubernur Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.