Sukses

'Rongsokin' Aplikasi Bank Sampah Besutan Mahasiswa ITS, Begini Cara Kerjanya

Aplikasi bank sampah tersebut memudahkan masyarakat untuk mendapat penghasilan dari sampah tanpa harus keluar rumah

Liputan6.com, Jakarta Pengelolaan sampah masih menjadi bagian dari persoalan penting masyarakat. Baik sampah rumah tangga maupun industri.

Melihat hal ini, tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Jawa Timur menghadirkan aplikasi bank sampah keliling digital. 

Aplikasi tersebut diciptakan untuk membantu masyarakat yang menjual rongsokannya kepada pengepul dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Aplikasi bernama Rongsokin itu digagas dari hasil kolaborasi perwakilan beberapa departemen di ITS Surabaya. Mereka terdiri dari Annisyah Amelia Fadhilah (Departemen Teknik Elektro), Farid Cenreng (Departemen Teknik Komputer), Muhammad Adib Afkari (Departemen Teknik Elektro), Cellerina Yolanda Evitasari (Departemen Teknik Elektro), dan Shafira Cahyasakti (Departemen Teknik Elektro). 

Aplikasi inovatif ini menyediakan jasa jual-beli barang rongsokan melalui pengepul keliling yang bisa diakses kapanpun secara daring.

Menurut ketua tim aplikasi bank sampah ITS Surabaya, Annisyah Amelia Fadhilah, pengguna aplikasi hanya perlu mencentang jenis barang-barang rongsokan yang ingin dijual. 

Kemudian, pengguna harus mencantumkan alamat rumahnya dengan lengkap, maka pengepul yang ingin membeli rongsokannya akan langsung menuju ke lokasi terkait. 

“Pengepul akan menjemput barang rongsokannya dan melihat kondisi barang, lalu transaksi dilakukan,” jelasnya,di Surabaya, Jumat (8/4/2022).

Jenis-jenis barang rongsokan yang bisa digunakan dalam transaksi ini adalah barang elektronik, plastik, kertas, kaca, logam, dan kain. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Surabaya

Setiap barang yang diklasifikasikan ke dalam enam jenis tersebut memiliki harga yang sudah dipatok di dalam aplikasi. 

“Kita sudah mematok harga di dalam aplikasi agar para pengepul bisa mendapat uang yang sudah semestinya, karena seringkali kita lihat para pengepul mendapat hasil yang lebih kecil dari seharusnya,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, uang yang diperoleh dari hasil transaksi akan divaluasi ke dalam rongsok poin. Yakni akumulasi poin bisa ditukarkan ke dalam rupiah dalam bentuk e-money. 

“Kami sudah berencana untuk bekerja sama dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan, perbankan, OVO, dan platform e-money lainnya,” ungkapnya.

Selain bertransaksi, tim telah menyediakan sejumlah artikel yang menarik seputar sampah, barang rongsokan, limbah elektronik, dan sebagainya. 

“Jadi, para pengguna bisa membaca dan mengedukasi diri soal barang rongsokan, sampah, limbah, dan topik-topik lain yang terkait,” tandasnya.

Hingga saat ini, aplikasi Rongsokin sudah bisa diakses oleh masyarakat umum melalui Google Play. Di dalamnya, sejumlah 30 pengepul telah bergabung dengan aplikasi ini dan siap melayani transaksi. 

“Namun, sementara ini transaksi hanya bisa dilakukan di daerah Surabaya saja,” cetusnya.

Menurutnya, kolaborasi dengan pengepul di dalam aplikasi Rongsokin menjadi pembeda dengan aplikasi serupa lainnya. 

Tim yang berada di bawah bimbingan dosen Dr Eng Rony Seto Wibowo ST MT ini juga telah berhasil merebut medali perunggu di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2021 lalu pada kategori poster.

Dia berharap, hadirnya Rongsokin bisa berkembang dan menggaet banyak pengguna aktif, serta bermanfaat bagi mereka. 

“Setelah Rongsokin banyak berkembang, kami juga berharap bisa me-launching Rongsok Care dan Rongsok Society, semacam aksi peduli kepada orang-orang di sekitar kita,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.