Sukses

Cerita Gadis Asal Gresik Lulusan Termuda di Kampus Unair

Setiap harinya Ratu selalu menghabiskan waktu mempelajari setengah hingga satu bab baru, termasuk tugas-tugas sekolah yang ia kerjakan.

Liputan6.com, Jakarta Gadis kelahiran Gresik Jawa Timur Ratu Sakinatul Aqila tidak bisa membendung tangis bahagianya setelah dinyatakan lolos menjadi salah satu Ksatria Airlangga melalui jalur SNMPTN 2022.

Ratu Sakinatul Aqila menjadi mahasiswi termuda pada Prodi S1 Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga atau Unair Surabaya.

Dia mengikuti program akselerasi sejak menginjak jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada perjalanannya, Ratu mengambil program akselerasi di SMA NU 1 Gresik.

Sebagai anak akselerasi, Ratu mengaku ia memiliki ambisi besar perihal nilai akademik. Setiap harinya Ratu selalu menghabiskan waktu mempelajari setengah hingga satu bab baru, termasuk tugas-tugas sekolah yang ia kerjakan.

“Kalau liat tugas yang bejibun, terus selesai rasanya kayak abis menang lotre. Kalau tugasnya banyak banget, aku pasti bikin self reward setelah ngerjainnya,” tuturnya, Jumat (8/4/2022).

Ratu mengungkapkan, terkadang dirinya hampir menyerah. Namun, memiliki teman yang juga berambisi dan lingkungan akselerasi yang penuh semangat membuat Ratu kembali termotivasi untuk tidak tertinggal.

Tidak hanya unggul dalam akademik, Ratu juga mengikuti kelas tahfidz. Ia mengaku telah aktif menghafal Al quran sejak kecil. Kini ia telah berhasil menghafal sebanyak 15 juz.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lulus Kuliah Cepat

Ratu juga sering mengikuti lomba-lomba tahfidz, hingga mendapat penghargaan di tingkat Kabupaten. Ia juga pernah menyabet Juara 2 Bahasa Arab Kompetisi Bahasa Arab Nasional Tahun 2021 se-Kabupaten Gresik.

“Selain mengejar akademik, aku lebih fokus mengejar hafalanku. Karena aku percaya dengan prinsip yang mamaku tekankan sejak kecil, ‘kejarlah akhiratmu, maka dunia akan mengikuti’,” ujarnya.

Mengikuti akselerasi sejak SMP, Ratu mengharapkan dirinya juga dapat lulus lebih cepat ketika menempuh studi S1 Ilmu Politik. Ia juga berharap dapat bergabung bersama dengan BEM, sambil menuntaskan hafalan Al qurannya.

“Aku ingin membanggakan Indonesia di kancah Internasional dan bermanfaat bagi semua orang,” ucapnya.

Ratu berpesan pada para pejuang UTBK untuk terus yakin dalam berproses. Selain itu, ia juga mengingatkan untuk terus berjuang dan berdoa. “Usaha tidak akan mengkhianati hasil, semangat!” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.