Sukses

Kala Prajurit TNI Dikerahkan Kawal Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Sumenep

Hal itu dilakukan demi memastikan penyaluran BLT Dana Desa itu berjalan aman dan lancar.

Liputan6.com, Sumenep - Personel TNI dari Kodim 0827 Sumenep, Jawa Timur dikerahkan untuk mengawal pendistribusian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi warga terdampak COVID-19 yang tersebar di 27 kecamatan di daratan dan kepulauan yang tersebar di penjuru kabupaten berjuluk Bumi Sumekar itu. 

"Selain untuk memberikan rasa aman kepada warga, pengawalan dalam berbagai kegiatan pencairan BLT-DD ini juga dimaksudkan agar pendistribusian sesuai harapan melalui upaya menekan kemungkinan terjadinya praktik penyimpangan," kata Komandan Kodim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis di Sumenep, Senin (4/4/2022). 

Ia meminta masing-masing koramil di Sumenep agar memerintahkan anggota yang bertugas di desa untuk aktif melakukan pendampingan pada setiap kegiatan pencairan BLT-DD.

Ia menjelaskan TNI berkepentingan membantu menyukseskan program pemulihan ekonomi oleh pemerintah dalam bentuk penyaluran bantuan kepada warga miskin dan kurang mampu yang terdampak COVID-19 di wilayah itu.

"Karena itu, kami meminta agar koramil menginstruksikan masing-masing anggota babinsa yang bertugas di desa melakukan pemantauan, sehingga bantuan tepat sasaran," katanya.

Besaran BLT-DD untuk masing-masing penerima manfaat Rp300 ribu per bulan dengan penyerahan setiap tiga bulan sekali.

Jumlah penerima BLT-DD di Kabupaten Sumenep berbeda, sesuai dengan jumlah warga miskin dan kurang mampu di masing-masing desa di wilayah itu.

 

Simak juga video pilihan berikut ini;8

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.