Sukses

Harga Kebutuhan Pokok di Jember Naik Jelang Ramadhan

Kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional dianggap wajar dan bahkan sering terjadi hampir setiap tahun menjelang Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta Harga kebutuhan pokok di Jember Jawa Timur terpantau naik menjelang memasuki Ramadhan. Harga bahan pokok yang naik mulai dari telur hingga minyak goreng.

Dari pantauan di pasar tradisional Samik Jember, harga telur ayam ras merangkak naik sejak sepekan lalu dari Rp22.000 menjadi Rp24.000 per kilogram. Kemudian gula pasir dari Rp 13.000 menjadi Rp 13.500 per kilogram.

Disusul daging ayam ras dari Rp32 ribu menjadi Rp34 ribu per kilogram, dan minyak goreng kemasan dari Rp23 ribu per liter menjadi Rp26 ribu per liter.

"Iya beberapa kebutuhan pokok naik termasuk minyak goreng kemasan," kata Samik diansir dari Antara, Selasa (30/3/2022).

Dia mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok biasa terjadi menjelang Ramadhan. Kenaikan disebabkan meningkatnya jumlah permintaan masyarakat menyambut Ramadhan.

Bahkan, kata dia, kenaikan harga kebutuhan pokok sering terjadi hampir setiap tahun. Meski demikian, kata dia, kenaikan harga bahan pokok masih dianggap wajar.

Hal senada juga disampaikan pedagang bumbu dapur Halimah yang mengatakan ada kenaikan harga yakni bawang merah dan cabai seiring dengan pasokan yang kurang dari petani.

"Harga bawang merah naik dari Rp28 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram dan harga cabai rawit mengalami kenaikan dari Rp39 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Bambang Saputro mengatakan kenaikan harga sejumlah bahan pokok masih terpantau wajar menjelang Ramadhan di Jember.

"Kami juga berusaha melakukan pemantauan terkait ketersediaan bahan pokok tersebut dan alhamdullillah stok di sejumlah pasar tradisional cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Pantauan bahan pokok di Pasar Tanjung Jember pada Selasa tercatat harga beras berkisar Rp10.000 hingga Rp12.500 per kilogram, gula pasir Rp13.500 per kilogram, minyak goreng kemasan berkisar Rp23.000 hingga Rp30.000 per kilogram, daging sapi Rp110.000 per kilogram, daging ayam Rp34.000 per kilogram, dan telur ayam ras Rp23.000 per kilogram.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.