Sukses

Puluhan Ribu Calon Mahasiswa Daftar ke Unej Lewat Jalur SNMPTN

Peningkatan pendaftar di Unej melalui jalur SNMPTN karena banyak program studi di Unej yang status akreditasinya sudah meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Sedikitnya 2.372 akan menjadi mahasiswa baru di Universitas Jember (Unej) Jawa Timur melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Unej Jawa Timur Prof. Slamin menyebutkan, hingga saat ini jumlah pendaftar calon mahasiswa mencapai 23.312 orang. Terdiri dari 11.363 siswa yang memilih Unej pilihan pertama dan 11.949 sebagai pilihan kedua.

Dari jumlah tersebut, kata dia, membuktikan bahwa Unej masih menjadi pilihan bagi banyak siswa terutama di wilayah Jawa Timur. Bahkan pilihan bagi siswa di luar pulau Jawa.

"Peserta SNMPTN 2022 di Unej meningkat sebesar 3,5 persen. Jika pendaftar tahun 2021 sebanyak 22.531 calon mahasiswa Unej maka tahun ini naik menjadi 23.312 orang," kata Prof. Slamin dilansir Antara, Rabu (23/2/2022).

Dari jumlah tersebut, siswa asal Jawa Timur masih mendominasi dengan 14.058 siswa, disusul siswa dari Jawa Tengah dengan 499 siswa dan Jawa Barat sebanyak 309 siswa

Kemudian siswa dari Sumatera Utara sebanyak 180 siswa dan Bali sebanyak 122 orang. Ia menjelaskan peningkatan pendaftar di Unej melalui jalur SNMPTN karena banyak program studi di Unej yang status akreditasinya sudah meningkat.

Selain itu, kata dia Unej tetap melaksanakan sosialisasi, serta promosi walaupun masih di masa pandemi covid-19. Ia mengatakan Unej juga melayani permohonan banyak sekolah yang meminta diberi penjelasan secara langsung mengenai dunia pendidikan tinggi kepada siswanya secara daring.

"Bentuk sosialisasi dan promosi yang kami lakukan lebih banyak dalam bentuk daring, semisal kegiatan webinar sosialisasi tata cara pendaftaran SNMPTN 2022 dan promosi Unej yang kami laksanakan dengan menggandeng Musyawarah Guru Bimbingan Konseling di berbagai kota di Jatim," katanya.

Ia mengingatkan agar siswa yang diterima di Unej maka wajib melakukan daftar ulang. Bagi siswa yang sudah diterima di PTN melalui jalur SNMPTN dipastikan tidak bisa mendaftarkan diri ke PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.