Sukses

Jangan Bimbang, Stok Beras di Jember Aman Sampai Lebarang 2022

Liputan6.com, Jember - Stok beras untuk Kabupaten Jembar, Jawa Timur dijamin aman selama Ramadan hingga Lebaran 2022. Setidaknya saat ini terdapat 12.000 ton beras di lima gudang yang ada di daerah itu.

Kepala Bulog Subdivre Jember, Ahmad Mustari mengatakan jumlah stok beras 12.000 ton tersebut cukup untuk tujuh bulan ke depan.

"Stoknya masih mungkin bertambah karena ada rencana pembelian beras," katanya, Rabu (23/3/2022) dilansir dari Antara.

Pembelian beras ini, lanjutnya dari gabah petani yang akan panen dalam waktu dekat. Stok beras di gudang Bulog Jember masih didominasi oleh beras medium.

"Namun ada juga beras premium, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena ketersediaan beras di Bulog Jember sangat aman," tuturnya.

Ia menjelaskan Kabupaten Jember dalam waktu dekat akan panen raya, sehingga pihak Bulog akan melakukan penyerapan beras atau gabah petani sesuai dengan ketentuan.

"Meski stok beras di gudang Bulog melimpah, kami tetap melakukan pembelian gabah atau beras petani karena tahun ini ditargetkan menyerap sebanyak 35 ribu ton," katanya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Bahan Pokok Lain

Selain komoditas beras, lanjut dia, pihak Bulog Jember juga menyiapkan stok komoditas lainnya seperti gula pasir yang harganya mengalami kenaikan selama beberapa hari terakhir.

Seperti tepung terigu, dan minyak goreng yang beberapa minggu terakhir mulai ada kenaikan harga.

"Gula pasir sudah mulai ada kenaikan menjelang Ramadhan dan stok gula pasir di Bulog sedikit, sehingga kami minta tambahan sekitar 300 ton dari pihak manajemen," ujarnya.

Kabupaten Jember salah satu kabupaten yang menjadi lumbung pangan di Jawa Timur, sehingga stok beras d kabupaten setempat selalu surplus dan beras Bulog Jember juga dikirim ke beberapa luar Pulau Jawa yang mengalami kekurangan stok beras.