Sukses

6 Wisata di Jatim Banyak Diminati Wisatawan Indonesia

Liputan6.com, Surabaya - Di berbagai provinsi di Indonesia, banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata religi, alam, heritage hingga wisata edukasi.

Di Provinsi Jawa Timur (Jatim) pun sama, ada beragam pilihan wisata yang lengkap, yang bisa dikunjungi sesuai dengan minat masing-masing.

Liputan6.com merangkum enam destinasi wisata yang paling banyak diminati wisatawan Indonesia.

1. Makam Sunan Ampel

Sunan Ampel merupakan salah satu Wali Songo, perintis penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Nama Sunan Ampel yang terlahir dengan nama Ali Rahmatullah, merupakan anak dari putri Raja Champa.

Makam Sunan Ampel yang beralamat di Jalan Nyamplungan, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya Jatim, merupakan salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Selain makam Sunan Ampel, di lokasi juga ada makam istrinya, yakni Nyai Condrowati yang letaknya bersebelahan. Di komplek makam tersebut, berdekatan dengan Masjid Agung Surabaya.

2. Pantai Kenjeran

Bagi wisatawan yang menyukai suasana pantai, pilihan tepat ketika mengunjungi Pantai Kenjeran di Kota Surabaya. Pantai ini cukup banyak dikunjungi wisatawan, terutama di hari Sabtu-Minggu dan libur panjang.

Lokasi Pantai Kenjeran Surabaya Jatim, juga mudah dijangkau. Wisatawan bisa menggunakan alat transportasi umum maupun pribadi.

Ada dua pantai yang bisa dikunjungi, yakni Pantai Kenjeran Lama di Jalan Pantai Ria Kenjeran Kecamatan Bulak Surabaya. Lalu ada Pantai Kenjeran Baru, yang berlokasi di Jalan Sukolilo Kenjeran Surabaya. Kedua pantai tersebut sangat mudah dijangkau, baik menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 5 halaman

3. Gunung Bromo

Siapa yang tidak tahu Gunung Bromo, atau juga disebut Kaldera Tengger. Gunung berapi aktif ini mencakup empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang Jatim.

Gunung Bromo yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS) tersebut, terkenal sebagai objek wisata utama di Jatim.

Di sana, para pengunjung bisa memutari Gunung Bromo menggunakan mobil jeep sewaan. Bahkan bisa juga menyewa kuda dan berkelana bak di gurun pasir di Timur Tengah.

 

3 dari 5 halaman

4. Kawah Ijen

Tak hanya Gunung Bromo. Ada juga Gunung Ijen di Jatim, tepatnya terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi – Bondowoso. Gunung dengan ketinggian ketinggian 2.386 Mdpl tersebut, terletak berdampingan dengan Gunung Merapi.

Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah blue fire (api biru) di dalam kawah yang terletak di puncak gunung tersebut, atau yang dikenal dengan kawah ijen.

Tak ayal, banyak para wisatawan yang bersusah payah agar bisa sampai ke puncak Gunung Ijen, untuk melihat kawah dengan warna yang indah.

4 dari 5 halaman

5. Taman Nasional Baluran

Selain Kawah Ijen, Banyuwangi Jatim juga punya destinasi wisata alam lainnya yang patut dikunjungi. Apalagi kalau bukan Taman Nasional Baluran.

Meski berada di Kabupaten Situbondo, tapi Baluran lebih dikenal sebagai destinasi wisata Banyuwangi. Karena letaknya yang hanya sekitar 1,5 jam perjalanan darat dengan mobil dari kota tersebut.

Di wisata alam ini, para pengunjung berbondong-bondong menikmati padang sabaha seperti lanskap Afrika lho. Pengunjung juga bisa melihat berbagai jenis mamalia, seperti banteng, kerbau liar, rusak, kijang, babi hutan, macan tutul, kucing batu, kera ekor panjang dan lutung.

5 dari 5 halaman

6. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satu destinasi wisata alam terbaik di Jatim. Pasalnya, bentuk air terjunnya unik, karena berbentuk lebar seperti tirai yang berasal dari Sungai Glidik yang melebar. Wisata alam ini kerap disamakan dengan Niagara di Amerika Utara.

Air terjun ini berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang Jatim. Namun para pengunjung disarankan melewati pintu masuk dari Kabupaten Lumajang, karena lebih mudah dijejaki.

Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu itulah, yang menghipnotis para pengunjung untuk kembali lagi ke sini.