Sukses

7 Pecel dari Jatim dengan Bumbu Khas, Dijamin Ketagihan

Ada tujuh menu pecel khas Jatim dengan bumbu yang khas, yang dijamin bikin kamu ketagihan.

Liputan6.com, Surabaya - Pecel dikenal sebagai salah satu makanan khas Pulau Jawa, terutama di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Ada banyak pecel yang disajikan dengan bumbu khas dan rasa yang nikmat.

Mengkonsumsi berbagai menu pecel khas Jatim, dijamin bikin ketagihan. Karena olahan menu tersebut, sangat pas di lidah warga Jawa yang suka dengan rasa manis dicampur rasa pedas.

Liputan6.com merangkum tujuh jenis pecel yang bisa dipilih, dengan ragam rasa yang menggugah selera.

1. Pecel Pitik

Jika bertandang ke Banyuwangi Jatim, pecel pitik menjadi salah satu kuliner di daerah ini. Ternyata, menu tersebut sudah ada sejak khas suku Osing di Banyuwangi Jatim.

Bahkan makanan satu ini dulunya hanya dihidangkan pada acara selametan di desa adat Kemiren. Namun, seiring berjalannya waktu, pecel pitik menjadi kuliner khas yang bisa dinikmati kapan saja.

Bahan utama pecel pitik adalah ayam kampung muda yang telah dibumbui dan kemudian dipanggang utuh di perapian.

Satu porsi pecel pitik biasanya terdiri dari nasi putih, suwiran ayam potong, aneka sayuran yang dicampur dengan gula merah dan parutan kelapa muda. Menu khas Jatim ini, erasa gurih dengan bumbu dan taburan parutan kelapanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pecel Rawon

Makanan yang satu ini menggabungkan rawon dengan pecel. Wisata kuliner Banyuwangi tersebut, merupakan perpaduan Pecel yang menyegarkan dengan bumbu khas, dan kuah rawon yang gurih.

Biasanya kuah rawon disajikan tanpa menggunakan daging. Salah satu tempat yang menyajikan pecel rawon, yakni di Warung Mbak Sumi, di Jalan Ahmad Yani Banyuwangi Jatim.

3. Sego Cawuk

Sego Cawuk memiliki rasa gurih dan manis yang berasal dari kuah pindang. Nasi ini bisa diisi berbagai macam lauk seperti telur pindang, pepes ikan, pepes cumi, pepes telur ikan, kikil, dan dendang manis.

Jenis pecel ini, ditaburi parutan kelapa dan serutan jagung bakar yang dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih serta sedikit asam.

Sego Cawuk yang paling terkenal adalah Sego Cawuk Bu Mantih. Warung Sego Cawuk ini berada di dekat Stasiun Rogojampi tepatnya di Jalan Wahid Hasyim, Prejengan, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Pecel Madiun

Madiun dikenal dengan pecelnya yang melegenda. Pecel biasanya juga disajikan dalam pincuk atau piring lidi yang disebut ingke.

Pecel madiun terdiri dari berbagai macam sayuran yang direbus, lalu dilumuri bumbu sambel kacang dengan aroma khas jeruk purut. Pecel Madiun paling enak, disantap bersama peyek ebi atau kacang.

Sayuran yang biasa dihidangkan, antara lain kacang panjang, toge, mentimun dan daun singkong. Sambel pecel dari Madiun menjadi primadona banyak orang. Tak jarang, sambel pecel ini dijadikan oleh-oleh.

5. Pecel Kediri

Pecel Kediri memiliki ciri khas sambal tumpang yang disiramkan di atas pecel. Nasi Pecel Tumpang Kediri biasanya berisi nasi pulen, daun singkong, daun pepaya, kubis, kacang panjang, kenikir dan kecambah.

Pecel kemudian disiram dengan sambal pecel dan sambal tumpang. Sambal tumpang terbuat dari tempe bosok atau fermentasi tempe.

Menu tersebut juga dicampur dengan cabai dan rempah-rempah. Pecel kediri memiliki cita rasa pedas dari sambal tumpangnya.

4 dari 4 halaman

6. Pecel Semanggi Surabaya

Pecel Semanggi Surabaya juga memiliki keunikan, karena adanya tambahan daun semanggi di dalamnya. Pecel semanggi khas Surabaya ini terdiri dari daun semanggi, tauge atau kecambah, kangkung, kerupuk uli, dan bumbunya yang berbahan dasar ketela yang di padukan dengan sambal.

Para ibu penjaja Pecel Semanggi, sebagian besar berasal dari desa pinggiran Kota Surabaya, yang lebih dikenal dengan dengan Desa Kendung.

Pecel Semanggi menjadi kuliner khas Jatim, yang paling banyak dicari para wisatawan. Jadi, jangan kelewatan untuk menyicipi menu satu ini ya..

7. Pecel Blitar

Kabupaten Blitar Jatim, juga terkenal dengan sambel pecelnya yang enak dan lezat. Sambal pecel Blitar memiliki tekstur halus dan gurih.

Sama seperti pecel pada umumnya, pecel Blitar terdiri dari sayuran rebus seperti tauge, kangkung, kacang panjang, dan masih banyak lagi. Yang membuat pecel ini istimewa, yakni adanya taburan serundeng kelapa yang gurih. Pecel Blitar juga biasa disantap dengan peyek udang atau kacang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.