Sukses

Niat dan Tata Cara Salat Sunah Wudhu Lengkap Serta Penjelasan Keutamaannya

Seseorang yang berwudhu lalu melaksanakan salat sunnahnya akan dinantikan dengan surga. Hal tersebut merupakan keutamaan salat sunnah wudhu yang disebutkan dalam HR Muslim nomor 234.

Liputan6.com, Surabaya - Tidak hanya menjalankan salat wajib yang lima waktu, tapi umat Islam juga dapat menjalankan salat sunah untuk menambah pahala dari Allah SWT. Ada banyak salat sunah yang dapat kita lakukan. Mulai dari salat rawatib, dhuha, tahajud, taubat, wudhu, tarawih, hajat, hingga witir.

Salat sunnah tersebut memiliki keutamaannya masing-masing dengan waktu pelaksanaan yang berbeda-beda. Salah satu salat sunah yang dapat dilakukan adalah salat sunah wudhu atau disebut juga salat syukrul wudhu.

Seseorang yang berwudhu lalu melaksanakan salat sunahnya akan dinantikan dengan surga. Hal tersebut merupakan keutamaan salat sunnah wudhu yang disebutkan dalam HR Muslim nomor 234.

مَا مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ يُقْبِل بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ عَلَيْهِمَا إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

Artinya: Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu salat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga. (HR. Muslim, no. 234).

Salat sunnah wudhu dilaksanakan usai berwudhu sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT atas pertolongan-Nya sehingga mendapat air wudhu untuk melaksanakan ibadah kepada-Nya. 

Melansir laman resmi NU Online, jumlah rakaat salat sunah wudhu tidak mesti dua rakaat, bisa lebih dari dua asalkan masih kelipatan dua. Terkait waktu pelaksanaannya dianjurkan dilaksanakan setiap selesai wudhu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Niat Salat Sunah Wudhu

Setiap ibadah yang akan dilaksanakan oleh umat Islam harus diiringi dengan niat terlebih dahulu. Niat juga berlaku bagi seseorang yang hendak melaksanakan salat sunah wudhu. 

Adapun lafal niat salat sunnah wudhu adalah sebagai berikut.

أُصَلِّي سُنَّةَ الْوُضُوءِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal uudhu'i rak'ataini lillahi ta'ala.

Artinya, saya niat salat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah ta’ala.

3 dari 3 halaman

Tata Cara Salat Sunah Wudhu

Berikut adalah tata cara salat sunnah wudhu sesuai tuntunan nabi.

Rakaat Pertama:

1. Takbiratul ihram, dianjurkan membaca doa iftitah

2. Membaca Al-Fatihah

3. Membaca surah Al-Quran

4. Ruku

5. Itidal

6. Sujud

7. Duduk di antara dua sujud

8. Sujud kedua

Rakaat Kedua:

1. Membaca Al-Fatihah

2. Membaca surah Al-Quran

3. Ruku

4. Itidal

5. Sujud

6. Duduk di antara dua sujud

7. Sujud kedua

8. Tasyahud

9. Salam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.