Sukses

Wacana Paguyuban Pesilat Lintasperguruan untuk Cegah Bentrok, Mungkinkah?

Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menggagas pembentukan paguyuban pencak silat dari lintasperguruan demi mencegah gesekan dan pertikaian

Liputan6.com, Trenggalek - Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menggagas pembentukan paguyuban pencak silat dari lintasperguruan demi mencegah gesekan dan pertikaian di antara masing-masing kelompok.

Gagasan itu disampaikan Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik Kabupaten Trenggalek Widarsono di depan forum perwakilan perguruan silat se-Kabupaten Trenggalek yang diundang ke kantor Bakesbangpol Trenggalek, Selasa.

"Hari ini kami kumpulkan semua perguruan silat yang ada di sini, di bawah naungan IPSI. Kami undang ketua dan sekretaris, dengan harapan kita semua bisa duduk bersama untuk membicarakan ke depan ini masing-masing wilayah itu kita buat semacam paguyuban,” kata Widarsono, dikutip Antara.

Wacana itu pun disambut baik oleh para peserta yang hadir. Koordinasi dan pembinaan yang baik akan meminimalkan risiko kesalahpahaman yang bisa memicu gesekan antarkelompok pesilat di daerah.

Sebab dengan adanya paguyuban, nantinya bakal jadi sarana komunikasi penyelesaian masalah jika terjadi gesekan antarpendekar. Selain itu, keberadaan paguyuban itu sekaligus sebagai media untuk meningkatkan keharmonisan dengan mempererat tali silaturahim antarkelompok perguruan silat di Trenggalek.

"Apabila terjadi sesuatu yang berkaitan dengan perguruan silat bisa dilokalisir, bisa diselesaikan di wilayah itu, tidak perlu mengembang di bawa keluar, selesai di tempat itu. Apabila terjadi apa-apa dapat diselesaikan dengan baik, harapan kami semoga tidak terjadi apa-apa," imbuhnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons IPSI

Dengan pertemuan berbagai latar belakang perguruan itu, diharapkan rencana pembentukan paguyuban pencak silat tingkat kecamatan segera berwujud.

Oleh karenanya, Bakesbangpol Trenggalek bakal menggelar koordinasi secara intensif untuk menyerap berbagai aspirasi demi kebaikan dan kemajuan pencak silat di Kabupaten Trenggalek.

Ketua Ikatan Perguruan Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Trenggalek Sigid Agus Hari Basuki mengapresiasi inisiatif pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan sekaligus upaya pencegahan pertikaian antarperguruan silat melalui pembentukan wadah paguyuban.

Dengan keberadaan paguyuban itu diharapkan ada kesamaan sudut pandang untuk sama-sama menjaga warisan leluhur dan meningkatkan prestasi.

"Pencak silat ini sebagai budaya warisan leluhur yang patut kita jaga. Berkembangnya waktu pencak silat menjadi cabang olahraga dan kita banyak mengukir prestasi dan menjadi salah satu cabang olah raga unggulan Tanah Air. Kita ini saudara hanya baju atau identitas-nya saja yang membedakan. Saya berharap konflik-konflik antar perguruan bisa dihindari dengan menjaga silaturahim," tutur Sigid.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.