Sukses

18 Maret Hari Arsitektur Indonesia, Yuk, Kenali Sosok Para Arsitek Jempolan Kita

Setiap tanggal 18 Maret ada peringatan Hari Arsitektur Indonesia. Penetapan hari besar nasional di bulan Maret ini tidak lepas sebagai wujud penghargaan kepada arsitek-arsitek Indonesia.

Liputan6.com, Surabaya - Setiap tanggal 18 Maret ada peringatan Hari Arsitektur Indonesia. Penetapan hari besar nasional di bulan Maret ini tidak lepas sebagai wujud penghargaan kepada arsitek-arsitek Indonesia.

Dengan tangan ‘dewa’ dan ide ‘gila’ para arsitek, banyak bangunan yang indah dan menakjubkan serta sangat elok ketika dipandang. Baik itu bangunan hotel, museum, restoran, tempat ibadah, hingga tempat wisata.

Melansir berbagai sumber, Indonesia punya arsitektur yang hebat dan berperan dalam membangun bangsanya. Mereka di antaranya YB Mangunwijaya yang dijuluki sebagai Bapak Arsitektur Modern Indonesia.

Kemudian ada Friedrich Silaban, arsitek Masjid Istiqlal yang memenangkan sayembaranya pada era Presiden Soekarno. Arsitek ini telah mendapatkan berbagai penghargaan dari buah karyanya.

Lalu Soejodi Wirjoatmodjo yang punya peran dalam pembangunan dan perancangan master plan tata kota di beberapa daerah di Indonesia. Perlu diketahui bahwa sosok Soejodi adalah di balik bangunan megah Gedung DPR/MPR RI yang kini berdiri kokoh di Senayan, Jakarta.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Han Awal hingga Ridwan Kamil

Selain itu, perlu bangga juga dengan arsitek Han Awal. Ia ikut berkontribusi dalam pemugaran Gedung Arsip Nasional. Pada 2001 Han Awal mendapatkan penghargaan Award of Excellence UNESCO Asia Pasific Heritage.

Berikutnya yang tidak boleh dilupakan adalah Achmad Noeman. Ia adalah salah satu pendiri Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Achmad Noeman terkenal dengan nama arsitek sejuta masjid. Salah satu karyanya adalah Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di samping nama-nama arsitek tersebut, sosok Ridwan Kamil juga patut diacungi jempol dalam menuangkan gagasannya untuk merancang bangunan sekaligus menata kota. Karya Gubernur Jawa Barat ini yang populer adalah Museum Tsunami Aceh.

Sama halnya dengan arsitek lain, Ridwan Kamil juga mendapatkan berbagai penghargaan. Salah satunya Urban Leadership Award dari University of Pennsylvania tahun 2018. 

Tentu saja masih banyak arsitek Indonesia yang membangun bangsa ini. Meski jarang terlihat, tapi peran arsitek dalam membangun bangsa sangat penting dan punya pengaruh besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.