Sukses

Kabar Terbaru Capaian Vaksinasi di Situbondo

Saat ini fokus vaksin pada dosis dua dengan skala prioritas lanjut usia karena dapat memicu tingginya angka kematian akibat covid-19

Liputan6.com, Jakarta Pemkab Situbondo Jawa Timur gencar meningkatkan capaian vaksinasi covid-19 dosis kedua seiring sudah ditetapkannya status PPKM level 2.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengemukakan bahwa saat ini tim satgas fokus meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua, seiring Situbondo saat ini sudah masuk penerapan PPKM level 2 dari sebelumnya level 3. Satgas menargetkan capaian vaksinasi dosis dua bisa mencapai 70 persen sebelum bulan Ramadhan 2022.

Data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Situbondo mencatat capaian vaksinasi dosis satu hingga 15 Maret 2022 82,7 persen atau 453.208 orang dan dosis dua 56,1 persen dari sasaran vaksinasi sebanyak 548.304 orang.

"Kami mengapresiasi kinerja puskesmas, polsek, koramil, kecamatan, dan desa sehingga capaian vaksinasi dosis satu dan dua termasuk vaksinasi lansia meningkat dari sebelumnya," kata Karna dilansir Antara, Kamis (17/3/2022).

Menurut Karna, capaian vaksin covid-19 sudah berada pada ranking ke- 28 di Jawa Timur. Sebelumnya berada di urutan 31, 32 dan 33 di Jatim.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya mengatakan saat ini fokus vaksin pada dosis dua dengan skala prioritas lanjut usia (lansia) karena dapat memicu tingginya angka kematian.

"Kami sarankan kepada kepala dinas kesehatan, saat ini kita berbicara target harian vaksinasi dosis dua, dan hal ini bisa disampaikan ke masing-masing desa agar bisa lebih dimaksimalkan, karena Situbondo masuk dalam kategori kurang," katanya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lansia

Dia menyampaikan, mengacu pada Perpres Percepatan Vaksinasi dan Perbup Situbondo untuk percepatan vaksinasi di daerah. Dan vaksinasi untuk anak perlu dijelaskan dengan baik ke sekolah agar terus berjalan.

"Kita akan masuk dalam bulan puasa karena jika sudah masuk bulan puasa pasti akan kesulitan. Maka harus targetkan sebelum Puasa vaksinasi dosis dua bisa mencapai 70 persen," katanya.

Capaian vaksinasi dosis satu bagi lansia saat ini mencapai 76,1 persen atau 65.765 orang dari target sasaran 86.422 orang. Sedangkan vaksinasi dosis dua baru berada di angka 41.832orang atau 48,4 persen, dan dosis tiga (booster) capaiannya 2,6 persen atau 2.204 orang dari target sasaran vaksinasi lansia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.