Sukses

6 Makanan Gresik Oleh-Oleh Khas Jatim Bikin Kenyang

Liputan6.com, Surabaya - Berada di Kabupaten Gresik Jawa Timur (Jatim), tak lengkap rasanya jika tidak menyicipi beragam jenis kuliner dengan rasa yang khas.

Warga Kabupaten Gresik sangat piawai menciptakan aneka kuliner yang menggugah selera, mengenyangkan saat lapar melanda, hingga berbagai cemilan yang bisa menjadi buah tangan. Ada enam makanan di Kabupaten Gresik yang wajib dicicipi.

1. Nasi Karak

Nasi Karak biasa juga disebut dengan Sego Karak, merupakan perpaduan nasi dan ketan hitam, yang sudah ditanak hingga matang. Makanan khas Gresik satu ini juga, terdiri dari parutan kelapa dan tempe goreng di atas nasi.

Biasanya Nasi Karak dinikmati saat pagi hari sebagai menu sarapan. Kamu juga bisa menambah cabai, untuk memberi sensasi pedas saat menyantapnya.

2. Nasi Gulung

Bila berkunjung ke Gresik, cobalah mampir ke Pasar Sangkapura. Di sana terdapat makanan unik yang disebut dengan Nasi Gulung.

Nasi gulung menyerupai seperti nasi lontong, namun digulung dengan daun pisang. Nasi gulung sangat nikmat dimakan dengan abon ikan, yang sudah disediakan terpisah dengan nasi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

3. Sego Rumo

Sego Rumo adalah makanan khas Gresik yang agak mirip dengan bubur sumsum, dengan warna oranye yang khas. Warna tersebut berasal dari kuah kental yang rasanya gurih dan sedap.

Penyajian sego rumo sangat unik. Di mana, nasi putih disuguhkan dengan pincuk daun pisang, yang dicampur dengan daun singkong, rempeyek atau kerupuk. Lalu, di atasnya disiram kuah kental dan ditambah dengan taburan serundeng. Rasanya, tentu saja sangat lezat.

4. Bonggolan

Bonggolan merupakan makanan khas Gresik Jatim, yang dibungkus dengan daun pisang. Hal ini menjadikannya terlihat unik, sehingga banyak orang yang penasaran dan ingin mencicipinya. Bahan dasar bonggolan ini yaitu daging ikan yang bisa menggunakan beragam jenis ikan.

Daging ikan tersebut kemudian dibalut menggunakan adonan tepung kanji, yang sudah diberi bumbu terlebih dahulu. Bumbunya cukup sederhana yaitu bawang putih, garam, merica dan ada pula yang ditambah dengan penyedap rasa. Meskipun bumbunya cukup sederhana namun cita rasa yang ditawarkan sangat enak.

 

3 dari 3 halaman

5. Pudak

Pudak merupakan salah satu makanan khas Gresik yang tak kalah enak. Pudak dibuat dari campuran santan kelapa, gula jawa dan tepung beras. Makanan khas Gresik ini dibungkus pelepah pisang dan dikukus hingga matang.

Pudak disebut juga kue ope. Selain itu, ada juga yang dibuat dari sagu sehingga disebut pudak sagu. Pudak yang berwarna putih, menggunakan gula pasir untuk menjadikan rasanya lebih manis sementara bila warnanya merah, berarti gula yang digunakan adalah gula merah.

6. Jubung

Makanan khas Gresik berikutnya adalah Jubung. Jubung dibuat dari bahan ketan hitam yang dicampur wijen dan dibungkus dengan kulit pohon pinang.

Kulit pohon pinang ini disebut oleh warga sekitar dengan nama jubung. Bagian atas jubung ditaburi dengan wijen.