Sukses

Buruan Daftar, ITS Surabaya Buka Pendaftaran Kelas Internasional Gelombang Pertama

Liputan6.com, Surabaya - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka pendaftaran jalur International Undergraduate Program (IUP) atau Kelas Internasional gelombang pertama sejak 14 Februari hingga 31 Maret mendatang untuk lulusan SMA sederajat tahun 2020, 2021, dan 2022.

Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Admisi Direktorat Pendidikan ITS Surabaya Dr. Unggul Wasiwitono di Surabaya, Senin, mengatakan calon mahasiswa IUP dapat langsung mengunjungi laman https://admission.its.ac.id/ dan membuat akun untuk melakukan registrasi.

"Setelah mengaktivasi akun, pendaftar diminta untuk mengisi biodata yang diperlukan serta melampirkan beberapa dokumen persyaratan," katanya dilansir dari Antara.

Adapun di antara dokumen yang perlu dilampirkan adalah transkrip rapor, sertifikat kemampuan bahasa Inggris, motivation letter, dan surat persetujuan orang tua.

"Untuk calon pendaftar yang berasal dari luar negeri wajib pula melampirkan surat keterangan sehat, surat rekomendasi, serta paspor," ujarnya.

Dosen Departemen Teknik Mesin ITS itu menuturkan pendaftar yang berasal dari Indonesia dan sekolahnya menggunakan kurikulum nasional tidak perlu melampirkan transkrip rapor, tetapi dapat langsung memasukkan nilai mata pelajaran yang ditentukan ke laman pendaftaran.

"Pendaftar langsung meng-input nilai saja sesuai yang diminta di website," ucapnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Kemampuan Bahasa Inggris

Adapun terkait dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris, umumnya pendaftar melampirkan hasil tes TOEFL, IELTS, atau TOEIC. Namun, selain tiga jenis sertifikat tersebut, saat ini ITS juga menerima sertifikat kemampuan berbahasa Inggris dari aplikasi Duolingo karena proses untuk mendapatkannya yang tidak terlalu memakan waktu.

"Pendaftar juga dapat melaksanakan tes EFL yang diselenggarakan oleh Unit Pusat Bahasa Global (dulu UPT Bahasa dan Budaya, red) ITS ataupun PTN lainnya," kata Unggul.

Saat mendaftar, calon mahasiswa dapat memilih dua program studi yang tersedia. Informasi lebih lengkap terkait fakultas dan departemen yang menyediakan program IUP serta IUP Joint Degree dapat diakses melauli laman https://www.its.ac.id/admission/iup/#studyprogram.

Program joint degree memungkinkan mahasiswa untuk merasakan pengalaman berkuliah di ITS sekaligus universitas luar negeri yang bermitra dengan ITS dan mendapatkan dua gelar sekaligus.

 

3 dari 3 halaman

Keuntungan Kelas Internasional

Program IUP memiliki beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan kelas reguler. Selain menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan perkuliahan, kesempatan untuk melakukan internasionalisasi juga lebih besar.

Terdapat setidaknya lima pilihan pengalaman belajar internasional yang ditawarkan, yaitu studi ekskursi, kursus singkat (short/summer course), magang di perusahaan internasional atau multinasional, serta joint degree.

Selain itu, lanjut Unggul, mahasiswa IUP ITS mendapatkan kemudahan untuk mengikuti berbagai kegiatan internasionalisasi tanpa tambahan biaya pendidikan lagi.

"Tentu hal tersebut tergantung kebijakan masing-masing universitas mitra, tetapi pada umumnya mahasiswa hanya perlu membayar kembali untuk biaya hidup di negara tempat exchange saja," ujarnya.