Sukses

Pemkot Surabaya Salurkan Belasan Ribu Beasiswa Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Bagi pelajar akan mendapat biaya bantuan pendidikan per bulan dan bantuan seragam sedangkan bagi mahasiswa akan disediakan UKT

Liputan6.com, Jakarta Belasan ribu beasiswa akan diberikan kepada pelajar dan mahasiswa di Surabaya Jawa Timur.

Kadis Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, saat ini sedang menyiapkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya untuk mekanisme pemberian beasiswa di Kota Pahlawan itu.

Dia menyebutkan, Pemkot Surabaya menyiapkan beasiswa untuk 13 Ribu pelajar SMA sederajat dan 3 ribu mahasiswa.

Dia menyebutkan, ada dua macam beasiswa pelajar yang akan disiapkan Kota Surabaya. Yakni beasiswa bagi pemuda yang usianya minimal 16 tahun dan sedang menempuh pendidikan SMA, SMK, MA dan sederajat, serta beasiswa untuk para mahasiswa.

"Salah satu persyaratannya adalah harus memiliki prestasi, baik dibidang akademik atau pun non-akademik," ujarnya dilansir Antara, Senin (14/3/2022).

Dalam pemberian beasiswa tersebut, bagi pelajar akan mendapat biaya bantuan pendidikan per bulan dan bantuan seragam. Sedangkan bagi mahasiswa akan disediakan Uang Kuliah Tunggal (UKT), uang saku dan uang untuk membeli kebutuhan perkuliahan seperti buku dan alat tulis.

Dia menyebutkan, untuk pencairan UKT nanti akan diberikan setiap mahasiswa mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). Untuk uang saku dan kebutuhan pendidikan akan diberikan tiap bulan.

Ditengah upaya menyusun peraturan dan mekanisme pemberian beasiswa pelajar Surabaya. Pemkot Surabaya akan melakukan verifikasi pajar dan mahasiswa calon penerima beasiswa.

"Target mudah-mudahan Maret segera terealisasi," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.