Sukses

6 Rekomendasi Kuliner Khas Jawa Timur Menemani Kesibukanmu Bekerja

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Jawa Timur sangat beragam dan memiliki ciri khas setiap daerahnya. Ini yang menjadi salah satu alasan banyak orang yang rela datang ke Jawa Timur hanya ingin menyantap kuliner khasnya.

Masakan khas orang Jawa Timur biasanya bercita rasa pedas, gurih, Asin, dan kaya akan rempah-rempah. Karakter makanan khas Jawa Timur tersebut juga bisa menjadi pilihan dalam menemani aktivitas sehari-hari atau kerja.

Kekayaan bumbunya, membuat makanan khas Jawa Timur selalu dirindukan oleh semua orang. Seperti Soto Lamongan yang berasal dari Lamongan, Rujak Cingur yang berasal dari Surabaya, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut rekomendasi kuliner Jawa Timur yang bisa menemani aktivitas kerja dilansir dari berbagai sumber:

Tahu Tek

Makanan ini berasal dari Surabaya, kamu harus coba dijamin bakal bikin ketagihan. Tahu tek berbahan utama tahu goreng, kentang goreng, dan lontong yang dipotong kecil-kecil, ditambah taoge serta acar mentimun. Selanjutnya, bahan-bahan tersebut disiram bumbu kacang petis dan lengkap dengan taburan kerupuk udang. Rasa bumbunya cenderung pedas dan manis gurih. Lebih mantap kalau kamu pesan tambahan telur dadar.

Pecel

Mendengar kata pecel, kamu mungkin langsung terbayang Kota Madiun yang tersohor sama pecel pincuknya. Selain Madiun, banyak kota di Jawa Timur yang juga punya makanan khas serupa, seperti pecel Blitar atau pecel Kediri.

Biasanya yang membedakan adalah jenis isian sayur, jenis daun sebagai wadah pecelnya, hingga lauk pendamping. Seperti contohnya ada pecel yang dilengkapi rempeyek, ada juga yang dilengkapi kerupuk puli.

Ada pecel yang disajikan dengan daun pisang, ada juga yang disajikan dengan daun jati.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sego Tumpang Hingga Nasi Buronan

Nasi Tumpang juga sering disebut dengan nama sego tumpang dan menjadi salah satu makanan terbaik khas Kediri, Jawa Timur. Kuliner menarik yang satu ini wajib dicoba oleh Anda para pecinta dan pemburu kuliner terbaik.

Alasan mengapa menu ini diberi nama nasi tumpang ialah karena menunya yang menggunakan kuah sambal tumpang, yakni terbuat dari tempe basi atau biasa disebut tempe bosok oleh masyarakat Jawa.

Tempe yang telah membusuk ini kemudian akan dimasak dengan ayam, kerupuk kulit hingga rambak dan semakin membuat para penikmatnya semakin ketagihan.

Bebek Sinjay

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah bebek sinjay. Kalau kamu pecinta kuliner bebek, pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan yang satu ini, bebek sinjay.

Makanan khas yang wajib hukumnya kamu cicipi kalau mampir ke Bangkalan, Madura. Bebek sinjay paling nikmat kalau dimakan bersama dengan nasi hangat dan kremesan, jangan lupa sambal pencit yang terbuat dari mangga mudanya juga.

Salah satu yang bikin masakan berbahan bebek ini diminati adalah karena daging bebeknya yang empuk dan tidak ada bau amis. Kalau pengen coba, mungkin di kota kamu ada yang menjajakan bebek sinjay ini, cepetan dicari dan rasakan kelezatannya.

Gethuk Pisang

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah gethuk pisang. Untuk jajanan khas Jawa Timur, kamu bisa mencoba menikmati kelezatan gethuk pisang. Gethuk ini tentu saja berbeda dari gethuk singkong.

Perbedaan pertama tentu pada bahan bakunya, gethuk pisang menggunakan pisang. Biasanya pisang yang digunakan adalah pisang raja nangka.

Gethuk pisang khas Kediri ini memiliki rasa manis serta asam yang khas. Teksturnya sedikit keras tapi lembut, membuat gethuk pisang paling enak dimakan ketika kita sedang menikmati secangkir teh hangat.

Nasi Buronan

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah nasi buronan. Makanan khas Jawa Timur yang patut untuk anda coba selanjutnya adalah Nasi Boranan atau yang akarab disebut sebagai Sego Boranan.

Nasi Boranan merupakan sebuah kuliner asal Lamongan yang cukup terkenal dan banyak digemari tak hanya oleh masyarakat setempat, namun juga wisatawan.

Nasi Boranan ini adalah nasi yang diberi dengan berbagai macam lauk pauk yang bisa dipilih sesuai selera. Pilihan lauknya pun beragam, seperti tahu, tempe, jeroan, telur asin, telur dadar, ikan bandeng hingga ikan sili.

Ikan Sili merupakan ciri khas dari nasi boranan ini, bahkan ikan ini disebut memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan daging ayam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS