Sukses

Ini 50 Calon Mahasiswa yang Peroleh Golden Ticket Unair

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Airlangga mengumumkan calon mahasiswa yang memperoleh Golden Extra Ticket lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) kepada 45 calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa di bidang akademik maupun non-akademik.

Acara yang dilangsungkan secara hybrid ini dipandu langsung oleh Mohammad Nasih, Rektor Unair, bertempat di Aula Amerta Lt 4 Rektorat Universitas Airlangga.

"Hari ini yang mengikuti ada 45 peserta, dan lima lainnya sudah terpilih kemarin. Total ada 50 peserta," katanya, Sabtu (12/3/2022).

Pengumuman hari ini adalah peserta yang bobot prestasinya lebih tinggi. Sementara untuk peserta yang bergabung berikutnya, adalah mereka yang memiliki prestasi akademik dan posisi akademiknya cukup tinggi.

"Ini adalah anugerah yang luar biasa karena peserta yang ikut Golden Extra Ticket ada 700-an maka kita pilih satu persatu yang mana akademik murni ditambah prestasi, dan yang prestasi ditambah dengan posisi akademik," urainya.

Mohammad Nasih menjelaskan Golden Extra Ticket ini menyebar di berbagai fakultas, mulai Fakultas Kedokteran, Biologi, Kimia serta Bahasa dan Sastra Indonesia.

"Extra Ticket ini kita tambahkan dari daya tampung yang sudah kita umumkan secara nasional jadi tidak menganggu proses yang sudah ada secara regular," jelasnya.

Kuota SMPTN Unair tahun ini total sebanyak 1.265 ditambah dengan jalur Golden Extra Ticket ini sebanyak 50 calon mahasiswa, sehingga jumalah totalnya 1.315.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Minat Tinggi

Minat calon mahasiswa yang ingin masuk ke Unair, diakui Mohammad Nasih cukup tinggi.

"Calon mahasiswa yang mendaftar sekitar 18.000-an, jadi cukup ketat. Kesempatan atau peluang ke masuk Unair itu hanya 6 persen saja," urainya.

Salah satu jurusan yang tinggi peminatnya adalalah Fakultas Kedokteran. Peluang masuk ke fakultas ini lewat jalur SMPTN hanya 3% saja, jadi peluangnya cukup ketat.

Sebagai informasi, Golden Extra Ticket diberikan kepada calon mahasiswa jalur prestasi non akademik di antaranya, prestasi inovasi, kewirausahaan, organisasi dan manajerial, kepemimpinan, olahraga, keagamaan, dan prestasi lain yang sesuai dengan pilihan program studi (prodi).

Untuk bidang keagamaan, salah satunya adalah tahfidz dan penghafal kitab suci semua agama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS