Sukses

Puluhan Siswa Terima Golden Ticket Unair, Dari Peraih Medali Hingga Ketua Osis

Liputan6.com, Jakarta Universitas Airlangga Surabaya Jawa Timur mengumumkan puluhan calon mahasiswa yang lolos dan akan mendapat golden ticket 2022 untuk menempuh pendidikan.

Tercatat, ada sekitar 45 siswa berprestasi yang akan menerima golden ticket Unair 2022. Rektor Universitas Airlangga Prof. Mohammad Nasih mengatakan penerima Golden Ticket tersebut telah melalui serangkaian seleksi ketat.

Tercatat, ada sekitar 792 pendaftar Golden Ticket Unair 2022 dan dipastikan tidak akan mengurangi kuota jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Kuota SNMPTN sekitar 1.260-an, ditambah dengan minimal lima puluh siswa penerima golden ticket. Kita akan menerima kurang lebih 1.300-an riil- nya," tuturnya dilansir Antara, Sabtu (12/3/202).

Dia mengatakan, penerima golden ticket tersebut tersebar di setiap fakultas. Baik fakultas kedokteran, fakultas sains dan teknologi, fakultas ekonomi dan bisnis, hingga fakultas ilmu budaya.

Sebagian besar dari mereka memilih Unair sebagai perguruan tinggi pertama di seleksi SNMPTN. Nasih menjelaskan, peraih golden ticket adalah mereka yang memiliki prestasi luar biasa di bidang akademik maupun non-akademik.

Prestasi di bidang non-akademik di antaranya prestasi inovasi, kewirausahaan, organisasi dan manajerial, kepemimpinan, olahraga, keagamaan, dan prestasi lain yang sesuai dengan pilihan program studi (prodi).

"Yang kita umumkan hari ini bobot ekstra prestasinya lebih tinggi. Pilihannya sesuai dengan prestasi ekstra yang menjadi faktor yang melengkapi dan menambah dari prestasi intra akademiknya," kata guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair itu.

Beberapa di antara mereka yang menerima golden tiket adalah pernah menjabat sebagai OSIS, peraih medali emas pada olimpiade, penghafal kitab suci Al-Quran, dan prestasi non-akademik lainnya.

Para peraih golden ticket itu berasal dari berbagai sekolah di Indonesia. Seperti SMAN 5 Surabaya, SMAN 1 Giri Banyuwangi, SMAN 2 Kota Tangerang Selatan, SMAN 1 Cikarang Barat, SMAN 2 Sampit, SMAS Unggulan Amanatul Ummah, dan SMAS St Maria 1 Bandung.

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.