Sukses

3 Cara Sederhana Mencegah Lubang di Kaus Kaki

Liputan6.com, Jakarta Kaus kaki merupakan salah satu jenis pakaian yang rentan melar dan robek. 

Tidak jarang kita melihat lubang terbentuk di kaus kaki dalam waktu beberapa bulan setelah pemakaian. Gesekan kaus kaki dengan sepatu, hingga gesekan ketika dicuci dengan mesin cuci menjadi penyebabnya.

Namun, tak perlu khawatir, ada tips yang dapat memperpanjang umur kaus kaki dengan beberapa langkah sederhana berikut:

Cuci Kaus Kaki dengan Benar

Kerusakan kaus kaki dapat dimulai saat kamu membuang gumpalan kapas yang berbau ke dalam mesin cuci. Kaus kaki perlu ditangani lembut selama siklus pencucian dengan air dingin.

Untuk memperpanjang kegunaannya, kaus kaki harus dikeringkan melalui udara, bukan dengan mesin. Pengering yang berulang kali dalam pengering dapat melemahkan elastisitas.

Anda juga dapat membalikkan kaus kaki Anda dari dalam ke luar sebelum mencuci untuk mencegah serat menumpuk di bagian luar.

Jangan Gunakan Kaus Kaki Sebagai Alas

Jika Anda melepas sepatu saat tiba di rumah dan terus berjalan dengan kaus kaki, Anda memperparah masalah keausan kaus kaki Anda.

Kaus kaki dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan bantalan saat dikenakan di dalam sepasang sepatu. Mereka tidak dirancang untuk menjadi alas kaki. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin berjalan-jalan di sekitar rumah, pilihlah kaus kaki anti selip yang terbuat dari bahan yang lebih tahan lama.

Merawat Kaki Juga Merawat Kaus Kaki

Perhatikan bagaimana kaus kaki berlubang di sekitar jari kaki dan tumit. Tentu, itu adalah permukaan benturan, tapi juga tempat dimana merawat kaki yang buruk dapat menghasilkan air mata. 

Kuku jari kaki yang terlalu besar atau tumit yang kasar dapat merusak kain. Jadi, cobalah untuk menjaga kuku Anda tetap rapi dan kulit Anda halus untuk mencegah gesekan.

Kaus kaki yang menawarkan bahan lebih tebal di sekitar area ini juga dapat membantu. 

Tapi apapun jenis kaus kaki yang Anda beli, mempraktikkan tiga langkah di atas kemungkinan besar akan membuat Anda tidak perlu belanja kaus kaki setiap beberapa bulan.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.