Sukses

6 Gunung di Jatim yang Wajib Didaki Para Petualang

Liputan6.com, Surabaya - Jawa Timur (Jatim) memang dikenal sebagai surganya destinasi wisata bagi para pecinta alam. Pasalnya, ada banyak gunung-gunung dengan jalur menantang dan pemandangan indah, yang ada di provinsi ini.

Dari belasan gunung di Jatim, ada enam gunung yang wajib didaki para pecinta alam. Terutama bagi yang berjiwa petualang.

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, yang terkenal dengan bentangan alam yang begitu mempesona dan masih asri.

Gunung yang terletak di wilayah Lumajang dan Malang Jatim ini, memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Salah satu pemandangan yang paling terkenal adalah Ranu Kumbolo dan jalur Tanjakan Cinta.

Danau ini berada di ketinggian 2.400 Mdpl. Namun para pendaki tidak boleh mandi langsung di danau atau mencemarkan air danau dengan sabun dan sampah-sampah pendakian.

2. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro terkenal dengan jalurnya yang sangat panjang. Bahkan, gunung yang berada di Probolinggo – Situbondo Jatim tersebut mendapat julukan sebagai jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa.

Gunung yang memiliki tinggi 3.088 mdpl ini memiliki Puncak Rengganis. Para pendaki akan menemukan satwa liar di sepanjang jalur, seperti babi hutan, rusa dan merak.

Meskipun terkesan angker dengan banyak cerita mistisnya, namun keindahan di Gunung Argopuro di Jatim ini tak diragukan lagi. Apalagi ada Taman Hidup yang menjadi salah satu spot terbaik di atas gunung.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

3. Gunung Raung

Jika berpetualang ke berbagai gunung, hanya membutuhkan alat pendakian standar. Berbeda dengan petualangan ke Gunung Raung.

Gunung bertipe stratovolcano ini, masih aktif dan terkenal dengan jalur pendakiannya yang ekstrem via Kalibaru.

Untuk mendaki sampai ke puncak, para pendaki harus menempuh jarak sekitar 17 km melalui medan yang sebagian besar berupa bebatuan terjal selama sekitar 6 hari. Apalagi, gunung ini tidak memiliki sumber air, alhasil pendaki mesti membawa setidaknya masing-masing 10 liter air dari bawah. Serta, harus membawa alat-alat panjang tebing, untuk sampai ke Puncak Sejati di ketinggian 3.332 Mdpl.

4. Gunung Lawu

Siapa yang tidak tahu dengan Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 Mdpl, yang terkenal juga dengan warung Mbok Yem, yang menjadi salah satu alternatif stok makanan pendakian.

Gunung Lawu masih tergolong ramah untuk pendaki pemula, yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah (Jateng) dan Jatim.

Namun banyak cerita mistis menyelimuti pendakian gunung ini. Apalagi lokasinya menjadi salah satu tempat wisata ziarah, terutama pada bulan Suro.

Ada dua jalur yang terkenal, yaitu lewat Cemoro Kandang di Tawangmangu, Karanganyar Jateng atau Cemoro Sewu di Sarangan Jatim.

 

3 dari 3 halaman

5. Gunung Argopuro

Gunung Arjuna terletak di perbatasan Mojokerto dan Malang Jatim, yang sangat terkenal dan fenomenal, dengan ketinggian 3339 Mdpl

Gunung Arjuna menjadi gunung tertinggi di antara deretan gunung, yang ada diwilayah sekitarnya. Untuk pendakian, para pendaki bisa melalui jalur Tretes, jalur Lawang dan jalur Batu.

6. Gunung Ijen

Gunung Ijen berada di ujung Jatim, di antara perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Di gunung ini, akan terlihat fenomena blue fire atau api biru. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara, yang penasaran dan mengunjungi tempat ini.

Jika mendakinya pada dini hari, bukan hanya blue fire yang dapat disaksikan. Namun juga keindahan sunrise yang menakjubkan, dari puncak ijen. Kawah ini berada di ketinggian 2.368 mdpl dan merupakan bagian dari Gunung Ijen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.