Sukses

ITS Buka Lowongan Dosen Tetap Terbuka Untuk Lulusan Terbaik

Liputan6.com, Jakarta Kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya membuka lowongan dosen tetap untuk memenuhi kebutuhan 75 dosen pengajar di tujuh fakultas dan 35 departemen.

Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi Sistem Informasi ITS Surabaya Dr Ahmad Rusdiansyah menjelaskan, dalam rekrutmen ini akan sangat mengedepankan kualitas calon-calon yang memenuhi syarat dalam penerimaan ini.

"Dosen yang terpilih akan berstatus dosen tetap namun non pns. Karena mencari calon dosen yang terbaik, sistem rekrutmennya pun harus terbaik pula," katanya dilansir Antara, Senin (7/3/2022).

Menurutnya, proses seleksi akan dilakukan secara transparan, yang runtut dengan tahapan seleksi mulai dari administrasi, psikotes hingga wawancara dengan pimpinan.

Bahkan, kata dia, penerimaan dosen juga ini sangat terbuka bagi alumni lulusan S2 dan S3 terbaik dari perguruan tinggi terbaik dalam negeri maupun luar negeri.

"Formasi yang ditawarkan sangat beragam dan berorientasi keilmuan kekinian, dari mulai sains murni hingga teknologi artifisial, dari desain komunikasi visual hingga robotika," katanya.

Selain kualifikasi akademik, ITS juga mencari calon-calon berjiwa militan yang mempunyai jiwa pendidik dan kebanggaan sebagai seorang dosen, peneliti, serta pengabdi masyarakat.

Selain itu, kata dia, calon Dosen ITS diharapkan memiliki wawasan luas dan terbuka, yakni selalu haus akan ilmu serta inovasi.

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 2 halaman

Tiap Tahun

"Mempertimbangkan dari segala aspek unggul dari kompetensi teknis hingga kematangan psikologis, ITS mencari calon-calon yang bersungguh-sungguh menjadi dosen," ujarnya.

Dia mengatakan, penerimaan dosen di ITS tersebut secara rutin akan dibuka setiap tahun sesuai kebutuhan. ITS sangat mempertimbangkan kinerja produktivitas masing-masing departemen.

Dia menjelaskan, ITS memiliki standar rasio beban dosen terhadap mahasiswa yang terekam secara real-time dalam Big Data yang dimiliki, MyITS OneData.

Dikatakan lebih jauh, rekrutmen ini menjadi bagian dari program ITS Next Generation (ITS-NG), program penyiapan SDM ITS berorientasi masa depan. Termasuk di antaranya tumbuhnya program-program studi baru seperti Teknik Pangan, Teknik Lepas Pantai, Teknik Telekomunikasi ataupun bidang-bidang ilmu lainnya untuk menjawab tantangan inovasi di bidang- bidang Blue Ocean seperti Energi Terbarukan, Teknologi Kesehatan, dan Pertanian Cerdas.