Sukses

6 Wisata Heritage Ini Wajib Dikunjungi Saat Plesiran di Kabupaten Gresik

Ada enam wisata heritage yang bisa dikunjungi wisatawan ketika berada di Kabupaten Gresik Jatim.

Liputan6.com, Gresik - - Gresik yang berbahasa Jawa Hanacaraka, merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Kabupaten Gresik memiliki luas sekitar 1.191,25 Kilometer persegi.

Kabupaten Gresik berbatasan dengan Kota Surabaya dan Selat Madura di sebelah timur, Kabupaten Lamongan di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara, serta Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto di sebelah selatan.

Gresik dikenal sebagai Kota tempat berdirinya pabrik semen pertama dan perusahaan semen terbesar di Indonesia, yaitu Semen Gresik.

Namun tak hanya dikenal sebagai pusat industri semen saja. Ternyata di Kabupaten Gresik juga terkenal dengan berbagai wisata heritage, yang wajib dikunjungi para wisatawan.

1. Kota Lama Gresik

Jika di Jakarta ada Kota Tua sebagai salah satu wisata heritage yang nge-hits. Di Kabupaten Gresik pun ada, namanya Kota Lama Gresik.

Kota Lama Gresik ini sudah berdiri sejak abad ke-14. Salah satu peninggalan bersejarah di Kota Lama Gresik, yakni Gardu Suling. Dulunya dipakai sebagai tempat pengumuman, ketika serangan musuh datang.

2. Kampung Kemasan Gresik

Salah satu wisata heritage yang ikonik di Kabupaten Gresik Jatim, yakni Kampung Kemasan Gresik. Di destinasi wisata tersebut, ada sebuah Rumah Gajah seluas lebih dari 2 Km persegi.

Menurut sejarah, Rumah Gajah beraksitektur Tiongkok tersebut, sudah ada sejak tahun 18881, dan dihuni hingga empat keturunan keluarga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Museum Sunan Giri Museum

Museum memang menjadi salah satu wisata heritage, yang menyimpan berbagai benda bersejarah yang masih dilestarikan hingga sekarang. Di Kabupaten Gresik Jatim, ada Museum Sunan Giri yang terletak di Jalan Pahlawan.

Museum tersebut didirikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, sejak tahun 2003 silam. Ada sekitar 372 koleksi yang tersimpan rapi di museum tersebut. Seperti tombak, fragmen sajadah, surban Sunan Giri, bedug hingga Al-Quran yang ditulis dengan tangan.

4. Makam Raden Supeno

Raden Supeno adalah putra Sunan Giri, dari istri Dewi Wardah binti Sunan Bungkul Surabaya. Raden Supeno mempunyai nama lain yaitu Raden Ramli. Di Situs Giri Kedaton, terdapat makam Raden Supeno yang masih terawatt hingga kini.

Situs Giri Kedaton sendiri adalah salah satu wisata heritage di Gresik, yang berbentuk bukit berteras-teras atau berundak.

 

3 dari 3 halaman

5. Makam Sunan Gresik

Tak hanya makam Raden Supeno, yang bisa dikunjungi pelancong di Kabupaten Gresik Jatim. Ada juga makam Maulana Malik Ibrahim, yang biasanya didatangi para peziarah.

Maulana Malik Ibrahim atau dikenal dengan nama Sunan Gresik, adalah nama salah seorang Walisongo, yang dianggap yang pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Di komplek pemakaman tersebut, ada juga makam istri Sunan Gresik, yakni Sayyidah Siti Fatimah. Serta di sebelahnya, ada makam sang putera, Syekh Maulana Maghfur.

6. Klenteng Kim Hin Kiong

Di Kabupaten Gresik, turut tertoreh sejarah umat Tionghoa, salah satunya di Klenteng Kim Hin Kiong. Arsitektur rumah ibadah tersebut, sangat kental dengan nuansa Tiongkok. Seperti hiasan dan ukiran naga, serta warna merah yang mencolok.

Saat perayaan hari-hari tertentu seperti Imlek, Klenteng Kim Hin Kiong sangat ramai dengan berbagai acara. Lokasi klenteng tersebut berada di Jalan Setia Budi, Gang Klenteng Kelurahan Pulo Kecamatan Gresik.

Simak juga video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.