Sukses

Ini Si-Balbal, Maskot Porprov Jatim ke-VII

Maskot Si-Babal karena terinspirasi dari hewan yang menjadi ikon di Taman Nasional Baluran.

Liputan6.com, Situbondo - Bupati Situbondo Jawa Timur, Karna Suswandi meluncurkan Si-Babal (banteng baluran) sebagai maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov Jawa Timur Ke-VII yang akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2022.

"Kami memilih maskot Si-Babal karena terinspirasi dari hewan yang menjadi ikon di Taman Nasional Baluran," katanya, Minggu (6/3/2022).

Ia menyebut banteng merupakan hewan sosial dan punya kekuatan serta gesit dan tangguh, sehingga cocok dijadikan maskot dalam perhelatan olahraga kali ini.

Ia berharap atlet-atlet Situbondo menjunjung tinggi sportifitas serta etika dan budaya dalam berlaga untuk mencapai prestasi terbaik di ajang Porprov Jatim Ke-VII untuk Situbondo Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil, dan berdaya).

"Kami ingin para atlet Situbondo bisa bertanding di ajang Porprov semaksimal mungkin, seperti layaknya Si-Babal," ucapnya dilansir Antara.

Pemilihan banteng Baluran sebagai maskot Porprov Jatim tahun ini, lanjut dia, selain untuk memberikan semangat kepada para atlet yang akan bertanding, juga untuk mendukung pelestarian banteng Jawa.

"Semoga maskot ini menjadi gambaran atlet Situbondo yang tangguh, sehingga mampu meraih banyak medali dalam perhelatan olahraga ini," ujarnya.

Maskot Si-Babal digambarkan dengan menggunakan pakaian khas Situbondo, yang merupakan perpaduan antara beskap dan jas kemeja tutup dalam tradisi Jawa dan Madura, dipadu dengan pesak.

Pakaian khas Situbondo ini dilengkapi odheng dan sembhung bermotif batik biota laut, yang melambangkan kekayaan laut Situbondo.

Usai peluncuran Si-Babal di Wisata Batu Hitam, maskot Si-Babal diarak menggunakan beberapa kendaraan jeep, mulai dari ujung timur Situbondo, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, hingga ke ujung barat Kecamatan Banyuglugur.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.