Sukses

Kuliner yang Hanya Bisa Ditemukan di Surabaya dan Madura, Apa Itu?

Liputan6.com, Surabaya - Banyak sekali kuliner lezat yang harus d coba saat menyambangi Jawa Timur (Jatim), termasuk Surabaya dan Madura. Namun, ada satu kuliner Jatim yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Namanya, lorjuk. Orang hanya bisa menemukan kuliner di Surabaya dan Madura.

Sebenarnya lorjuk ini adalah sejenis kerang yang hanya hidup di pantai di Pulau Madura. Ukuran kerang ini juga sangat kecil hanya dengan panjang dua sampai tiga sentimeter saja.

Untuk mendapatkan kerang ini tidak lah mudah. Harus menunggu air laut surut terlebih dahulu. Pantai habitat dari lorjuk ini juga sedikit berlumpur. Lorjuk ini suka bersembunyi dan untuk mengambilnya harus menggunakan linggis dan menggali.

Cara lain yang dapat digunakan untuk mendapatkan lorjuk ini adalah dengan menggunakan garam, atau batu gamping yang membuat lorjuk akan muncul ke permukaan dengan sendirinya.

Setelah didapatkan dan dibersihkan, lorjuk baru dapat dioleh menjadi beraneka kuliner.

Tahap pertama dalam pengolahan lorjuk adalah dengan membersihkan dan merebusnya tanpa air. Saat direbus, lorjuk akan mengeluarkan cairan seperti kaldu yang memiliki cita rasa khas.

Lorjuk yang sudah diolah untuk tahap awal masih perlu dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, cangkang lorjuk akan mengelupas dengan sendirinya sehingga memudahkan untuk pengupasan.

Lorjuk yang telah dikupas kemudian dijemur lagi selama dua hari. Pengeringan ini mengawetkan daging lorjuk secara alami sebelum diolah.

Lorjuk bisa dimasak dengan ditumis memakai cabai dan kecap. Kuliner terkenal yang terbuat dari lorjuk ini adalah rengginang lorjuk dan  lorjuk goreng.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Campur Lorjuk

Di Madura, ada juga yang disebut dengan campur lorjuk, yaitu sejenis soto yang memiliki rasa manis dan gurih. Biasanya, campur lorjuk disajikan dengan sambal dan teh hangat.

Makanan khas Madura ini juga terbilang sangat terjangkau, hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 hingga Rp15.000 untuk satu porsi campur lorjuk

Soal citarasa Lorjuk ini sangat unik. Tidak seperti menyantap kerang lainnya.

Lorjuk ini bentuknya panjang seperti kecambah. Teksturnya juga kenyal tapi empuk untuk dikunyah. Lorjuk memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan jenis lainnya.

Kerang lorjuk mengandung kalori yang sangat rendah dan tinggi protein, mineral, zat besi, dan juga omega 3. Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika mengonsumsi lorjuk secara teratur adalah mencegah penyakit jantung, mengendalikan tekanan darah, dan mengontrol kolesterol.

Ada tiga restoran legendaris di Surabaya yang menyajikan menu lorjuk. Restoran tersebut adalah  Ria Galeria, Rumah Makan Handayani, dan Frangipani. Ketiganya memiliki menu tumis lorjuk yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung.

(Tifani)