Sukses

Di Balik Viral Bocah Ajaib Berbahasa Baku, si Gemes Shabira alias Lala

Liputan6.com, Surabaya - Usai viral di Tiktok, kini Shabira Alula Adnan atau yang sering disapa Lala balita berusia tiga tahun itu mulai banyak di undang ke podcast dan beberapa stasiun televisi karena kelincahan dan kelancarannya dalam berbahasa baku di kehidupan sehari-hari, seperti yang di lihat pada channel youtube Curhat Bang Denny Sumargo baru-baru ini.

"Materi parenting saya gak ngambil kemana-mana karena saya pernah kecil jadi otomatis memori-memori itu masih ada jadi saya ambil waktu saya kecil saya tidak suka seperti ini seperti itu, jadi saya coba untuk Lala juga tidak diperlakukan seperti itu, kemudian saya juga ambil dari pengalaman, media sosial yang saya pilah-pilah yang sesuai dengan keinginan saya," ungkap Ibu Lala, Ochi ketika di tanya oleh Denny Sumargo terkait dengan materi parenting yang diajarkan kepada Lala, dikutip Antara.

Selain itu, Denny juga menanyakan implementasi apa yang ingin diajarkan kepada Lala supaya dia punya fondasi berfikir yang baik.

"Adab dan sopan santun, bertutur bahasa yang baik kalo misalnya ilmu Insyaallah mengikuti ya, karena kita utamakan adab dulu baru ilmu, karena orang yang beradab sudah pasti berilmu tapi orang yang berilmu belum tentu beradab," ucap ibu Lala.

Selain parenting yang diajarkan oleh Ibu, Ayah lala, Fahmi juga ikut andil dalam mendidik yakni dengan cara memberikan hiburan, bercanda,seru-seruan dan mendengarkan cerita Lala. Diakuinya karena ia bekerja jadi tidak mempunyai banyak waktu bersama Lala di rumah.

"Kalau untuk mainan kami selalu memberikan mainan dunia nyata (bukan mainan handphone), makanya mainan Lala itu mainan yang berbentuk yang memang mainan edukasi seperti balok, puzzle " tambahnya.

Kemudian orangtua Lala juga menjelaskan untuk pembuatan video konten Tiktok memang Lala sendiri yang mau dan terkadang sering dimintai untuk divideokan di beberapa kesempatan karena memang Lala sudah akrab dengan kamera.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

Parenting di Keluarga Lala

Orang tua dari Shabira Alula atau yang terkenal dengan panggilan Lala, balita yang baru berumur 3 tahun yang akhir-akhir ini videonya viral di media sosial, menceritakan awal mula anaknya terbiasa menggunakan bahasa baku tersebut di Channel Youtube TS Media (26/2).

Ibu Lala, Ochi menceritakan bahwasannya waktu ia hamil tiga bulan Lala ia mengidam makanan seafood, makanya anaknya menjadi pribadi yang lincah.

Saat Lala usia delapan bulan, ia sudah bisa ngomong dan bahasa pertamanya yaitu kata apa.

Ochi juga mengungkapkan bahwa putrinya memiliki rasa ingin tahunya besar dan saat ini sudah berbicara dengan lincah layaknya orang dewasa.

Menurut pengakuan Fahmi ayah Lala, Lala yang sudah bisa berbicara dari umur delapan bulan, sejak itu ia sudah tau bakat anaknya.

 

3 dari 3 halaman

Ibu Lulusan Jurusan Bahasa dan Gemar Seafood

"Lalu istrinya mengajarkan Lala untuk berbahasa baku dalam sehari-hari dan sampai sekarang masih berbahasa baku jika berkomunikasi dengan siapa pun yang ada di rumahnya," ujarnya.

Ibu Lala diketahui dulunya sekolah dengan mengambil jurusan bahasa dan ia ingin mengajarkan anaknya berbahasa baku, baik dan benar.

"Karena anak zaman sekarang jarang menggunakan bahasa baku, ia lebih menggunakan bahasa seperti bahasa gaul atau bahasa zaman sekarang." tambah Ibu Lala.

Dari umur delapan bulan sampai sekarang Ayah dan Ibu Lala ketika berbicara menggunakan bahasa baku agar anaknya terlihat sopan ketika berbicara.

Orang tua Lala juga menegaskan bahwa video-video Lala yang viral di media sosial merupakan keinginan anaknya sendiri, bukan karena dipaksa.

"Lala biasanya bangun jam 3 subuh, setelah itu berolah raga. Setiap aktifitas yang di buatnya seperti membuat video joget-joget dan tiktok tanpa di suruh oleh kedua orang tuanya melainkan inisiatif dirinya sendiri," ungkap Ibu Lala.