Sukses

LBM NU Jember Keluarkan Fatwa Pernyataan Menag Gus Yaqut Bukan Penistaan Agama

Tidak ada unsur penistaan atau penodaan agama dalam pernyataan Menteri Agama, karena tidak ada unsur tasybih (menyamakan) antara azan dan suara anjing

Liputan6.com, Jember - LBM PCNU Kabupaten Jember mengeluarkan fatwa bahwa pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) saat menjelaskan tujuan surat edaran pengaturan toa atau pengeras suara masjid tidak terbukti melakukan penistaan agama.

"Tidak ada unsur penistaan atau penodaan agama dalam pernyataan Menteri Agama, karena tidak ada unsur tasybih (menyamakan) antara azan dan suara anjing," kata Ketua Lembaga Bahtsul Masail Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama ​​​​(​LBM PCNU) Jember Kiai Mohamad Syukri Rifa'i dalam rilis yang diterima di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis, dikutip Antara.

Menurutnya, Menag Gus Yaqut sedang menjelaskan contoh-contoh kebisingan suara yang perlu diatur sedemikian rupa, bukan hanya suara anjing, bahkan suara knalpot kendaraan bermotor dan suara klakson ada mekanisme aturan guna menjaga keharmonisan dalam bersosial.

Sebelum melakukan pembahasan, kata dia lagi, LBM PCNU Jember telah terlebih dahulu melakukan tabayyun (klarifikasi) dengan mendapatkan transkrip utuh pernyataan Menag.

"Selain itu, para Pengurus LBM NU Jember juga telah menyaksikan video penuh wawancara Gus Yaqut yang berdurasi 2 menit 50 detik," ujarnya lagi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salah Paham

Kalau lihat dalam video pendek yang sudah dipotong, kata dia, ada kesan mempersamakan (suara azan dengan suara anjing), tetapi kalau dalam video utuh, sama sekali tidak ada persamaan (tasybih) antara azan dengan suara anjing.

"Kajian dilakukan antara lain dengan menggunakan pendekatan linguistik (balaghoh) dan keilmuan lain. Kami sudah kirimkan hasil kajian itu kepada PBNU dan diharapkan bisa meluruskan salah paham yang bermula dari potongan video pendek," katanya pula.

LBM PCNU Jember mengimbau masyarakat tidak mudah menuduh seseorang menistakan agama selama belum ada bukti nyata penistaan agama dan mengimbau masyarakat tidak mudah terprovokasi terkait hal yang beredar di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.