Sukses

Efek Konsumsi Susu Kental Manis terhadap Tumbuh Kembang Anak

Susu kental manis ternyata memberi dampak jangka panjang yang buruk untuk anak.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Pimpinan Pusat Aisyiah, Tria Astika mengatakan konsumsi susu kental manis (SKM) dapat mengganggu tumbuh kembang anak dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada anak.

Susu kental manis, standar pembuatannya di Indonesia, selengkapnya.

“Konsumsi kental manis pada anak dalam jangka panjang tidak hanya menyebabkan kekerdilan, tetapi juga dapat menyebabkan anak mengidap anemia secara kognitif,” ujar Tria dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (1/3/2022). 

Dia menjelaskan anak merupakan generasi penerus yang dijaga kesehatannya dan tumbuh kembangnya dengan memberikan asupan gizi yang sesuai dengan usianya.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat, khususnya orang tua untuk mengetahui literasi gizi, khususnya yang terkandung dalam susu kental manis. Sehingga, orang tua tidak salah memberikan asupan makanan yang baik dan salah dalam pola asuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Lapangan

Sementara itu, Ketua Harian Yayasan Abhipraya Insan Cendekia (YAICI) Arif Hidayat mengatakan berdasarkan temuan di lapangan, ditemukan pemahaman masyarakat mengenai gizi di Indonesia sangat mengkhawatirkan. Hal itu terlihat dari bagaimana persepsi masyarakat mengenai susu kental manis.

Dari temuan di lima provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Maluku, dan NTT, didapati angka yang cukup tinggi, yaitu 28,96 persen masyarakat mengatakan bahwa SKM adalah susu pertumbuhan.

“Bahkan, 16,79 persen ibu memberikan kental manis untuk anak setiap hari. Padahal, fakta menyebutkan SKM tidak lah sama dengan susu dan tidak dapat mendukung tumbuh kembang kesehatan anak. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa kandungan gula SKM sangat tinggi, yaitu 51 persen hingga 56 persen dengan kandungan lemak SKM berkisar 43 persen-48 persen, artinya produk SKM ini dapat dikategorikan sebagai bukan susu melainkan pemanis dengan perisa susu,” jelas Arif Hidayat.

Ketua Majelis Kesehatan PP Aisyiyah, Chairunnisa mengatakan mengapa masyarakat masih mengonsumsi kental manis, karena kental manis terjangkau dan mudah didapat di pelosok-pelosok dan murah.

“Hal ini ada korelasi dengan penelitian kami. Salah persepsi SKM dikonsumsi oleh masyarakat,” kata Chairunnisa.

Sebelumnya dilakukan peluncuran buku “Masa Depan Anak Indonesia Terganggu Susu Kental Manis”. Melalui peluncuran buku diharapkan pemahaman masyarakat akan gizi semakin meningkat.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.