Sukses

Terkenal di Indonesia, Ini 5 Kuliner Khas Jatim Berbahan Daging Sapi

Ada lima kuliner khas Jawa Timur (Jatim) berbahan daging, yang terkenal di Indonesia.

Liputan6.com, Surabaya - Indonesia memang kaya akan kuliner. Ada banyak rasa yang ditawarkan dalam sajian kuliner Nusantara, mulai dari pedas, asin, manis hingga gurih.

Tak jarang kuliner itu pun, membuat nama daerah tempat produksi makanan tersebut langsung terkenal. Semisal Pempek Palembang, Rendang Padang atau Coto Makassar.

Provinsi Jawa Timur (Jatim) pun tak ketinggalan dalam sajian kuliner, yang lezat, gurih, mengenyangkan dan merakyat.

Namun di antara puluhan kuliner khas Jatim yang identik dengan rasa pedas manis, ada lima kuliner berbahan daging sapi yang lezat dan tentunya harganya merakyat.

1. Rawon

Tak dipungkiri, makanan paling terkenal di Jatim dan menyebar se-Indonesia adalah Rawon. Makanan ini berkuah hitamnya, yang berasal dari bumbu khas yaitu kluwek.

Makanan tradisional ini biasanya berbahan daging sanding lamur sapi dan dengkul sapi. Rawon sangat nikmat disantap selagi hangat, dengan nasi putih. Jangan lupa tambahkan kerupuk dan lauk pelengkap seperti telur asin.

2. Rujak Cingur

Makanan ini berasal dari Kota Surabaya, Ibu Kota Jatim. Cingur sebenarnya merupakan daging mulut sapi yang direbus, lalu dicampur dengan irisan tempe, tahu, timun, nanas, lontong, sayuran, bumbu kacang serta petis.

Mungkin kamu akan merasa jijik jika mendengar bahan makanan ini. Tapi setelah disantap, nikmatnya akan terasa di lidah dan kamu akan melupakan bahan dasar makanan ini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Soto Lamongan

Secara tampilan, Soto Lamongan tak berbeda dengan soto pada umumnya. Namun rasa Soto Lamongan berbeda, karena menggunakan Koya. Yang merupakan jenis bubuk gurih yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang.

Bahan dasar Soto Lamongan bisa dipilih, apakah mau memakai daging sapi atau juga daging ayam. Rasanya sangat pas saat dipadukan dengan bumbu nusantara, yakni bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, merica dan ketumbar.

4. Nasi Krawu

Makanan ini berasal dari Gresik Jatim dan disajikan dengan daun pisang. Dalam nasi krawu terdapat isian berupa daging sapi, seperti semur daging, jeraoan sapi, sambal terasi serta dilengkapi serundeng.

3 dari 3 halaman

5. Bakso Malang

Bakso Malang memang tak diragukan lagi kelezatannya. Bahkan makanan ini sudah tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Bakso khas kota Malang memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan unik.

Salah satu keunikan dari bakso khas Malang ada pada bahan mi yang digunakan. Mi pada bakso Malang sekilas mirip mi soun. Namun, warna dari mi ini cenderung berwarna biru kehijauan.

Bakso malang menggunakan daging sapi sengkel segar tanpa dicuci, namun uratnya dibuang dan diiris tipis-tipis. Dengan menggunakan berbagai bumbu, daging sapi tersebut diolah menjadi bentuk pentol dan direbus dengan takaran tertentu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.