Sukses

Tips Mengolah Pepaya Untuk Perawatan Wajah

Liputan6.com, Jakarta Pepaya mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Menurut hasil studi, pepaya merupakan jenis buah-buahan kaya akan vitamin E, A, B, dan C yang diyakini dapat menjadi perawatan kulit sehari-hari.

Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan enzim proteolitik, seperti enzim papain dan chymopapain yang berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus. 

Manfaat pepaya untuk wajah ini bisa Anda dapatkan dengan cara membuat masker pepaya untuk wajah. Berikut manfaat buah pepaya untuk merawat wajah :

Menyembuhkan Jerawat

Kandungan enzim papain dan chymopapain di dalamnya diyakini efektif mengobati jerawat yang meradang. Selain itu, kedua enzim tersebut dapat mencegah jerawat dengan mengangkat sel-sel kulit mati penyebab pori-pori kulit tersumbat. 

Mengatasi Mata Panda

Pepaya memiliki enzim papain yang dapat membantu mencerahkan wajah yang baik untuk menangani mata panda Anda.Nah, Anda bisa merasakan manfaat pepaya untuk wajah sebagai cara mengatasi mata panda dengan langkah berikut:

- Pertama, haluskan ¼ cangkir buah pepaya hijau atau pepaya yang masih muda.

- Oleskan masker pepaya hijau pada area bawah mata menggunakan jari-jari tangan.

- Diamkan selama 10 menit atau hingga masker wajah mengering.

- Jika sudah mengering, bilas wajah menggunakan air hangat.

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 2 halaman

Melembapkan Kulit Wajah

Kandungan enzim papain dalam pepaya dapat membantu merawat kulit yang kering dan mudah terkelupas dengan cara melembapkannya. Dengan ini, wajah Anda akan tampak lembut dan terasa kenyal.Cara membuat masker pepaya untuk melembapkan kulit wajah, yaitu:

- Campurkan 1 sendok makan buah pepaya yang sudah dihaluskan dan 1 sendok teh madu.

- Oleskan pada permukaan wajah Anda secara merata menggunakan jari-jari tangan atau kuas bersih.

- Diamkan selama 30 menit atau hingga masker mengering.

- Bilas wajah menggunakan air dingin.

Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan vitamin A dan C yang terdapat di dalam pepaya. Anda bisa mendapatkan manfaat masker pepaya untuk wajah dengan cara membuat maskernya. Berikut adalah cara membuat masker pepaya untuk wajah cerah:

- Dalam sebuah mangkuk kecil, haluskan 4 potong buah pepaya, 1 sendok makan bubuk kunyit, dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga merata.

- Oleskan masker pepaya tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan menggunakan jari-jari tangan atau kuas bersih.

- Diamkan selama 20-30 menit atau hingga masker wajah mengering.

- Bilas wajah menggunakan air hangat

Mengurangi Kerutan di Wajah

Hasil studi mengungkapkan bahwa antioksidan serta vitamin E dan C mampu melawan radikal bebas sehingga membuat kulit akan lebih halus dan tampak awet muda.

Manfaat buah pepaya untuk wajah juga dapat memperbaiki elastisitas kulit sehingga mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Akan tetapi, manfaat tersebut dilakukan pada uji coba hewan tikus.

Anda bisa menggunakan pepaya sebagai salah satu cara mengurangi kerutan di wajah dengan cara menggosokkan kulit pepaya di permukaan wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas wajah menggunakan air dingin.