Sukses

Ketahui 5 Penyakit Kuku Mencerminkan Kesehatan Dalam Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Seiring pertambahan usia, kuku akan menjadi lebih tebal atau justru lebih rapuh bahkan mengalami perubahan. Namun, perubahan ini umumnya tidak berbahaya dan dapat ditangani dengan perawatan sederhana di rumah.

Jika perubahan yang dialami mengarah pada penyakit kuku, kondisi tersebut tentunya tidak bisa dibiarkan dan harus mendapat penanganan medis.

Dalam kasus yang lebih parah, penyakit kuku dapat mengindikasikan adanya gangguan kesehatan yang serius. Penyakit kuku sebaiknya tidak dianggap sepele.

Hal ini karena beberapa penyakit kuku bisa menjadi tanda adanya penyakit serius. Berikut adalah beberapa penyakit kuku yang terindikasi adanya gangguan kesehatan pada tubuh:

Leukonikia

Leukonikia ditandai dengan adanya garis atau titik putih tak beraturan pada kuku. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan sering kali disebabkan oleh benturan pada kuku.

Namun, leukonikia terkadang dikaitkan dengan buruknya kondisi kesehatan atau kekurangan nutrisi yang disebabkan oleh penyakit menular, gangguan metabolik, atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Koilonikia

Koilonikia adalah kondisi saat kuku melengkung keluar, sehingga membentuk seperti sendok. Penyakit kuku ini juga bisa menjadi gejala beberapa penyakit lain, seperti gangguan jantung, lupus, anemia defisiensi besi, dan hipitiroidisme.

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 2 halaman

Jari Tabuh

Kondisi ini ditandai dengan kuku yang mengeras dan membulat di sekitar ujung jari, sehingga menyerupai tabuh. Penyakit ini umumnya dapat terjadi akibat rendahnya kadar oksigen dalam darah untuk jangka waktu lama, peradangan usus, serta gangguan pada jantung, hati, dan paru-paru.

Sindrom Kuku Kuning

Kondisi ini menyebabkan kuku menjadi lebih tebal dan tumbuh lebih lama dari biasanya. Pada beberapa kasus, bisa jadi kuku kekurangan kutikula dan bahkan lepas dari jari.

Sindrom kuku kuning dapat disebabkan oleh pembengkakan saluran getah bening, rheumatoid arthritis, gangguan pernapasan seperti sinusitis dan bronkitis kronis, serta penumpukan cairan di paru-paru.

Garis Mees

Kondisi ini ditandai dengan adanya garis putih yang melintang pada kuku dan bisa menjadi tanda seseorang mengalami keracunan arsenik. Untuk memastikannya, dokter akan pemeriksaan fisik maupun tes darah.

Dengan mengenal sejumlah penyakit serius yang ditandai pada perubahan terhadap kuku, sebaiknya kalian bisa selalu untuk hidup sehat dengan pola makan yang teratur dan istirahat yang cukup.