Sukses

Program Jaminan Kesehatan Semeseta Jangkau 96 Persen Warga Surabaya

Padahal program ini belum cukup setahun dilucurkan.

Liputan6.com, Surabaya - Sedikitnya 96,89 persen atau 2.878.512 jiwa warga Kota Surabaya, Jawa Timur, telah terlayani program Jaminan Kesehatan Semesta (JKS) atau Universal Health Coverage (UHC). Padahal program ini baru diluncurkan pada April 2021 lalu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Surabaya Febrina Kusumawati di Surabaya, Minggu, mengatakan, selama setahun kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji, sudah banyak berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan, salah satunya JKS .

"Melalui program JKS ini, warga Surabaya yang ingin berobat cukup menunjukkan KTP (kartu tanda penduduk) saja," kata Febri seperti dilansir Antara, Minggu (27/2/2022).

Menurut dia, implementasinya dari program JKS di Kota Pahlawan hingga saat ini sudah luar biasa. "Warga berobat di layanan yang berjenjang, kalau cukup di puskesmas ya puskesmas, dan kalau butuh dirujuk ya dirujuk ke rumah sakit," kata Febri.

Diketahui JKS merupakan komitmen dari Pemerintah Kota Surabaya dalam menjamin kesehatan warganya. Dengan JKS sekalipun kepersetaannya kelas 1, ketika tidak pernah bayar iuran selama setahun maka saat menggunakan JKN-KIS ke rumah sakit tetap bisa atau aktif alias ditanggung otomatis oleh Pemkot Surabaya.

Kendati demikian, kepersetaan JKN-KIS kelas 1 yang aktif itu secara otomatis pula berubah menjadi kelas 3 saat menggunakannya.

Adapun rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam penerapan JKS di antaranya, RSUD Dr Soetomo, RSAL Dr Ramelan. RSJ Menur, RSUD Dr Sowandhi, RSU Haji Surabaya, RS Islam Jemursari, RS Universitas Airlangga, RS Bhayangkara Samsoeri, RS Mata Undaan, RS Mata Masyarakat Surabaya, PHC, RSUD Bhakti Dharma Husada, RS William Booth Surabaya, RS Al Irsyad, RS Islam A Yani, RS Royal.

RS Bhakti Rahayu, RS Paru, RSAD Brawijaya Surabaya, RSIA Pura Raharja, RS Darus Syifa, RS Siloam Hospital, RS Adi Husada Kapasari, RSIA Putri Surabaya, RSIA Nur Ummi Numbi, RS Bedah, RSIA Graha Medika, RSIA Lombok 22 Lontar, RS Gotong Royong.

RS PKU Muhammadiyah, RS Mitra Keluarga Kenjeran, RS bunda, RS Soemitro, RS Wijaya, Rumkital Dr Oepomo, Rumkitalmar Ewa Pangalila, RS Mudji Rahayu, Rumkitaban Surabaya, RS Wiyung Sejahtera, RS Husada Utama , RS Surabaya Medical Center.

Sedangkan klinik yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan yakni Klinik Utama Dasa Medika, Klinik Mata Java Katarak, Klinik Mata Dr. Syamsu, Klinik Mata Tritiya, Klinik Utama Hemodialisa 3D, Surabaya Eye Klinik, Klinik Utama 3D, Klinik Rawat Inap Usada Buana.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.