Sukses

Kuliner Khas Mojokerto yang Melegenda Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Mojokerto merupakan wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya. Meskipun memiliki wilayah yang tidak terlalu luas, Mojokerto Jawa Timur memiliki lalu lintas penduduk yang aktif.

Bilamana anda sedang berkunjung ke Mojokerto, tidak salahnya untuk bisa mencicipi sejumlah kulinernya yang bisa menggugah selera hingga membuat perut kalian terasa kenyang. Berikut sejumlah makanan khas Mojokerto yang bisa anda cicipi dan tidak sulit untuk menemukannya :

Gulai Menthok

Terbuat dari daging menthok dengan bumbu komplit membuat makanan ini memiliki aroma yang sangat menggugah selera. Semua bahan dicampurkan lalu proses memasaknya dengan cara direbus.

Salah satu kuliner Mojokerto yang khas ini menjadi yang paling favorit di hati masyarakat.

Saking istimewanya, banyak yang menyajikan menu ini ketika ada acara- acara penting seperti hajatan atau perayaan tertentu. Maka tidak heran jika banyak masyarakat yang sangat menjaga kualitas rasanya hingga turun temurun.

Bahkan, katanya hampir semua masyarakat Mojokerto memiliki keahlian untuk memasak kuliner satu ini. Hal tersebut membuktikan betapa istimewanya keberadaan makanan gulai menthok

Botok Tempe

Kamu bisa menjadikan botok tempe sebagai teman makan nasi terbaik karena rasanya sangat nikmat terlebih ketika disajikan dalam keadaan panas.

Rasanya begitu unik dan sangat lezat karena bumbu-bumbu yang digunakan juga begitu unik. Bahan yang digunakan adalah teri, udang, tempe, dan yang paling unik adalah ampas kelapa.

Proses memasaknya direbus menggunakan daun pisang sehingga memiliki aroma khas yang sangat menggoda.

Sate Keong

Anda pasti sudah sangat terbiasa dengan sate lainnya, tetapi menyantap hewan kecil satu ini mungkin pengalaman baru.

Daging yang empuk dengan paduan sambal kacang yang melimpah memberikan sensasi rasa tak terkalahkan.

Diolah dengan cara dibakar membuat makanan khas kota Mojokerto ini menghasilkan cita rasa menggiurkan bagi siapa pun.

Pada bagian atasnya akan ditambahkan taburan irisan bawang merah untuk mempertajam aromanya.

Sate keong sendiri memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh sate lainnya, yakni terletak pada khasiat yang ada di dalamnya.

Dengan mengonsumsi keong, racun-racun di dalam tubuh akan lebih mudah terdeteksi dalam waktu yang cepat.

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 2 halaman

Es Grojongan Majapahit

Dinamakan Majapahit karena memang es yang satu ini sudah ada sejak zaman Majapahit. Es gronjongan ini terbuat dari pandan, sirup, santan, agar- agar potong, dan juga selasih, memberikan kesegaran yang tak tertahankan.

Ketika bulan Ramadhan tiba, es ini menjadi primadona di kalangan para penjual karena memang sangat banyak yang menyukainya.

Meskipun penjual es ini tidak terlalu banyak, Kamu masih tetap bisa mendapatkannya dengan cara yang mudah.

Es yang digunakan bukanlah es batu biasa melainkan yang sudah diserut.

Es yang diserut memiliki kemampuan lebih baik dalam mengolah rasa hingga terkadang banyak yang merasa lebih nikmat menggunakan es serut dibandingkan dengan es batu biasanya.

Sino Khas Mojokerto

Minuman khas Mojokerto ini akan sangat sulit kamu dapatkan di tempat lainnya. Terbuat dari daun asam muda yang diproses dengan cara direbus dengan tambahan sedikit gula untuk memberikan sensasi manis.

Sensasi daun asam muda memberikan rasa asam yang sangat membekas di mulut, tetapi tentunya sangat menyegarkan. Tergolong sebagai minuman herbal, banyak yang memanfaatkan sinom untuk sumber minuman berenergi.

Hal ini sangat wajar karena kandungan bahan yang terdapat di dalamnya memang sangat tradisional. Jika Kamu ingin meminumnya, pastikan dalam keadaan hangat, ya!

Kamu bisa menemukan minuman ini di beberapa pusat oleh oleh Mojokerto. Harga yang di banderol untuk satu botolnya sekitar Rp. 8000 bergantung juga pada ukuran botol tersebut.

Nah itulah sejumlah kuliner yang bisa anda nikmati bila berkunjung ke Mojokerto. Jangan lupa untuk bisa mencicipi masing-masing kuliner khas Mojokerto lainnya bilamana sedang berlibur di kawasan Metropolitan Surabaya ini. Selamat mencoba !