Sukses

Heboh Sungai di Jombang Berubah Warna Jadi Merah Secara Misterius

Warga pun sempat menyelidiki dan menemukan bahwa sumbernya terjadi di bawah tanah hulu sungai.

Liputan6.com, Jakarta Warga Desa Tanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur dibuat heboh usai air sungai di Kalibening berubah warna menjadi merah. Kejadian tersebut diketahui terjadi pada Jumat (25/2/2022) sore hingga malam. 

Kepala Desa Tanggalrejo, Dimas Wahyu Ramadhana membenarkan kabar air sungai di wilayahnya tiba-tiba berwarna merah. Dia mengaku belum mengetahui penyebab berubahnya air sungai tersebut. 

"Saya terima laporannya pukul 16.00 (WIB). Beberapa warga melapor aliran sungainya tiba-tiba menjadi warna merah," kata Dimas, Sabtu (26/2/2022).

Usai menerima laporan tersebut Dimas dan sejumlah warga pun menyusuri sungai untuk mencari tahu penyebab airnya berubah warna jadi merah. Belakangan diketahu penyebabnya ternyata terjadi di hulu sungai. 

"Di hulu dam Songkar, jadi dari bawah itu kayak muncul merah begitu, terus menyebar ke air sungai, tapi tidak berbau," ucapnya Dimas.

Fenomena perubahan warna air sungai menjadi merah itu, lanjut Dimas, sudah dilaporkan ke pihak terkait. Ia pun kini tengah menunggu laporan dari pihak terkait. 

"Sudah dilaporkan ke dinas terkait dan petugasnya informasi sudah meluncur ke sini. Airnya sudah kembali seperti semula pukul 22.00," akunya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang, Miftahul Ulum, pihaknya sudah mendatangi lokasi sungai yang airnya berubah menjadi merah darah serta mengambil sampel air itu.

"Tadi malam kami sudah mengambil sampel air sungai yang berwarna merah itu untuk kita selidiki," ucapnya singkat.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.