Sukses

Covid-19 Meningkat Bupati Jember Aktifkan Kembali PPKM Mikro

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Jember Jawa Timur kembali mengaktifkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro imbas meningkatnya kasus positif covid-19.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatkan, peningkatan positif covid-19 semakin mengkhawatirkan karena trennya terus meningkat selama sepekan terakhir di wilayah itu.

"Iya mengkhawatirkan dan akan kami keluarkan surat PPKM Mikro," katanya dilansir Antara Rabu (23/2/2022).

Berdasarkan data Satgas Penanganan covid-19 Jember, tambahan kasus yang terkonfirmasi positif mulai menunjukkan peningkatan sejak 14 Februari 2022 sebanyak 174 kasus.

Kemudian hari berikutnya pada 15 Pebruari terdapat 215 kasus positif baru dan terus mengalami peningkatan hingga puncaknya pada 17 Februari 2022 mencapai 311 kasus positif baru.

Pada Minggu, 20 Februari 2022, terdapat tambahan 107 kasus positif baru di Kabupaten Jember. Kemudian meningkat menjadi 146 kasus pada Senin (21/2/2022) dan tercatat tambahan positif baru mencapai 277 kasus pada Selasa (22/2/2022).

"Diharapkan masyarakat taat protokol kesehatan, dengan memakai masker dan segera melaksanakan vaksinasi. Kesadaran masyarakat akan kedua hal tersebut masih sangat minim di Jember. Dikasih masker, malah dikantongi," tuturnya.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Patroli Prokes

Selain mengaktifkan kembali PPKM mikro, satgas akan lebih intensif menyasar para pelanggar protokol kesehatan di lapangan. Sehingga, kata dia, diharapkan masyarakat ikut membantu menyukseskan hal itu agar keadaan bisa segera kembali normal.

Hendy juga berharap di setiap kecamatan hingga desa atau kelurahan terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi, terutama vaksinasi lansia.

"Para babinsa dan bhabinkamtibmas bertugas untuk menjemput setiap lansia yang kesulitan datang ke tempat vaksinasi," katanya.

Menurut dia, percepatan pelaksanaan vaksinasi lansia bagus ditargetkan selesai awal Maret 2022. Saat ini, Jember sudah masuk persentase minimal vaksinasi lansia sebanyak 40 persen untuk dosis kedua.

"Kalau vaksinasi lansia sudah mencapai 60 persen hingga 70 persen, maka kami baru bisa tenang. Kabupaten Jember masih berada pada PPKM Level 2," ujarnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS